Sukses

Pencairan Es Kutub Utara Memprihatinkan

Pencairan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan sudah mencapai batas memprihatinkan. Bila es di kutub mencair, permukaan air laut di bumi dipastikan bertambah tinggi sampai 65 meter.

Liputan6.com, Kutub Utara: Lapisan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan (Antartika) terus mencair akibat pemanasan global atau peningkatan temperatur bumi. Sejumlah penelitian anyar, baru-baru ini, menunjukkan pencairan es di kutub sudah mencapai batas memprihatinkan [baca: Kawasan Kutub Selatan Mencair Akibat Pemanasan Global].

Pencairan es paling terasa di Kutub Utara atau kawasan Arktik yang memiliki luas lebih dari 54 juta kilometer persegi. Perbandingan es dan air bumi di sana sudah 90:70 persen. Meski begitu, Kutub Utara adalah salah satu tempat terkering di muka bumi. Bahkan curah hujan di sana lebih rendah daripada di gurun.

Dalam beberapa tahun terakhir, lapisan es di Kutub Utara turun drastis. Bila lapisan es itu sampai mencair permukaan air laut di muka bumi akan bertambah tinggi sampai 65 meter. Perubahan yang kini berlangsung di Kutub Utara ternyata juga mempengaruhi aktivitas pola iklim di bumi.(ICH/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.