Sukses

Dua Gedung Institusi Asing di Turki Dibom

Tiga Kantor Cabang Bank HSBC di Turki diguncang ledakan bom. Pengeboman juga terjadi di dekat Pusat Kebudayaan AS yang terletak di Kota Ankara. Pemerintah Turki menuduh pemberontak Kurdi sebagai dalang.

Liputan6.com, Istanbul: Sebanyak empat buah bom berskala kecil meledak di empat kota di Turki, Selasa (28/9) malam. Ledakan tersebut melukai seorang penjaga malam serta mengakibatkan kerusakan terhadap sejumlah bagian gedung. Ledakan itu tiga di antaranya terjadi di dekat Kantor Cabang Bank HSBC di Istanbul, Kota Pelabuhan Izmir, dan Adana di selatan Turki.

Setelah diguncang tiga bom, ledakan keempat kembali menggetarkan Turki, tepatnya di dekat Pusat Kebudayaan Amerika Serikat di ibu kota Ankara. Saat bom tersebut meledak, para siswa masih berada di dalam kelas sedang bersiap untuk pulang. Pusat Kebudayaan AS merupakan tempat kursus bahasa Inggris terkenal di Ankara dan memiliki banyak siswa. Sekadar informasi, semua ledakan terjadi dalam waktu yang nyaris berbarengan, yakni sekitar pukul 21.15 waktu setempat atau pukul 01.15 WIB.

Sejauh ini, menurut keterangan pemerintah setempat, belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab. Namun kelompok pemberontak Kurdi dicurigai sebagai otaknya. Pasalnya, setahun silam kelompok tersebut pernah mengebom Kantor Cabang HSBC dan Konsulat Inggris [baca: Bom Meledak Dekat Konsulat Inggris di Turki].(JUM/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.