Sukses

Diakui Dunia, Risma Jadi `Mayor of the Month for February 2014`

Walikota Surabaya itu mendapat pengakuan sebagai Mayor of the Month for February 2014 dari situs City Mayor.

Di tengah isu mundurnya Tri Rismaharini, Walikota Surabaya, itu mendapat pengakuan sebagai 'Mayor of the Month for February 2014' dari situs City Mayor -- penggagas penghargaan World Mayor.

"Sementara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sedang merenung, apakah ia akan menyerah pada pandangan publik dengan maju sebagai calon presiden, pemimpin kota lain di Indonesia menarik perhatian nasional maupun internasional atas sikapnya yang penuh semangat mempromosikan kebijakan sosial, ekonomi, dan lingkungan di kota terbesar nomor dua di Indonesia," demikian Liputan6.com kutip dari situs City Mayors, Kamis (20/2/2014).

Risma dianggap layak menjadi 'walikota bulan ini' salah satunya karena setelah terpilih menjadi Walikota Surabaya pada 2010, salah satu prioritasnya adalah membujuk pemerintah pusat melanjutkan proyek pengembangan pelabuhan yang mangkrak selama 2 dekade. Hasilnya, lalu lintas pelabuhan di Surabaya meningkat 200 persen.

Perempuan kelahiran 1961 adalah walikota dengan latar belakang pendidikan arsitektur. "Sebelum menjadi walikota ia menjadi kepala dinas pertamanan. Risma aktif meremajakan taman kota dan mengubah banyak lahan terlantar menjadi ruang terbuka hijau," demikian deskripsi di situs City Mayors.

"Apa yang dideskripsikan penulis Belanda sebagai 'kota yang kotor penuh dengan pretensi dan keserakahan' , Surabaya kini dikenal sebagai kota 'sejuta taman'."

Saat ini ada 11 taman besar di Surabaya, dengan berbagai tema berbeda. Seperti Taman Persahabatan, Taman Ekspresi, Taman Flora. "Sejumlah taman dilengkapi dengan akses Wi-Fi, perpustakaan, fasilitas olahraga dan fitness."

"Sebuah kota harus pertama dan terutama menjadi rumah bagi warganya," demikian Risma kerap berkata.

City Mayors menyebut, Risma  belajar dari pengalaman kota-kota yang tumbuh cepat di Asia dan Eropa. "Bahwa perkembangan pesat kota justru bisa membuat orang-orang di dalamnya teralienasi."

Risma juga melakukan kebijakan ketat, yang membuat sejumlah PNS nakal dan pihak swasta kehilangan 'laissez faire'. Namun, sikap itu dihargai investor asing yang menghargai profesionalisme aparatnya.

Namun, jalan Risma tak mulus. Ada banyak kerikil menghadang. Salah satunya,  anggaran kota Surabaya sangat terbatas.  

Juga sebuah isu yang mengancam mengaburkan reputasi Risma yang bersinar di dunia internasional. "Yakni soal pengelolaan Kebun Binatang Surabaya."

Kebun binatang yang pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara itu belakangan dikritik karena perlakuan kerjam terhadap hewan. Media Eropa dan Amerika Serikat bahkan melabeli KBS dengan 'kebun binatang terkejam di dunia".

Mayor of the Month for February 2013: Jokowi



Pemegang gelar Mayor of the Month 2013 kebetulan adalah Jokowi, mantan Walikota Solo yang terpilih menjadi Gubernur Jakarta.

Alasan pemilihan Jokowi, dia berhasil mengubah Solo yang rawan kejahatan menjadi pusat seni dan budaya regional, yang mulai menarik wisatawan internasional.

Juga dalam pemberantasan korupsi. "Kampanyenya melawan korupsi membuatnya memiliki reputasi sebagai politisi paling jujur di Indonesia. Joko Widodo juga menolak menerima gaji selama menjabat sebagai Walikota Solo,"  tulis City Mayors.

Jokowi juga didapuk menjadi walikota terbaik nomor tiga di dunia pada 2012 versi World Mayor.

Ia berada di bawah Inaki Azkuna, Walikota Bilbao, Spanyol yang dinobatkan sebagai yang terbaik dunia, dan Lisa Scaffidi, Walikota Perth, Australia yang didaulat di posisi kedua. (Ein/Yus)

Baca juga:


Makin Mendunia Seperti Jokowi, Walikota Surabaya Disebut Pahlawan
World Mayor 2012: Jokowi Peringkat 3 Walikota Terbaik Dunia
Media Inggris: Jokowi, 'Obamanya Jakarta'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.
    Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.

    Tri Rismaharini

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini