Sukses

Paraguay Menetapkan Hari Berkabung Nasional

Pemerintah Paraguay juga memerintahkan pengusutan tuntas atas musibah kebakaran pusat perbelanjaan di Asuncion. Bantuan berdatangan dari negara tetangga untuk menangani korban yang kritis.

Liputan6.com, Asuncion: Pemerintah Paraguay, menetapkan Senin (2/8), sebagai hari berkabung nasional dan memerintahkan pengusutan tuntas atas kebakaran di pusat perbelanjaan di Kota Asuncion. Sejauh ini, kepolisian setempat telah menahan pemilik dan satuan pengamanan pusat perbelanjaan tersebut. Mereka diduga sengaja mengunci pintu untuk mencegah penjarahan di saat kebakaran berlangsung.

Pusat perbelanjaan yang terletak di pinggiran Kota Asuncion itu terbakar Ahad silam, saat ramai didatangi pengunjung. Peristiwa ini menewaskan 311 orang, 131 di antaranya belum dapat diidentifikasi. Sedangkan korban luka-luka sebagian dalam kondisi kritis.

Hingga kemarin, regu penyelamat masih terus menyisir lokasi untuk mencari korban-korban lainnya. Menurut pihak berwenang, kebakaran dipicu oleh ledakan tabung gas di pusat jajanan. Api kemudian menjalar dengan cepat ke tempat parkir kendaraan yang berada di bawahnya [baca: Penyebab Korban Tewas Kebakaran di Paraguay Simpang Siur].

Insiden kebakaran tadi mendapat perhatian masyarakat dunia internasional, khususnya negara tetangga. Mereka mengirim berbagai bantuan ke Asuncion. Bantuan yang datang kemarin sebagian besar berupa peralatan medis dan obat-obatan, di antaranya datang dari Argentina.(DEN/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini