Sukses

Penemuan Langka! Sarkofagus Berusia 3.600 Tahun Berisi Mumi

Tim arkeolog gabungan dari Spanyol dan Mesir menemukan 3 sarkofagus peti batu besar untuk menyimpan jenazah manusia pada zaman purba kala.

Tim arkeolog gabungan dari Spanyol dan Mesir menemukan 3 sarkofagus atau peti batu besar untuk menyimpan jenazah manusia pada zaman purba kala berusia 3.600 tahun di Luxor, sisi barat Sungai Nil, Mesir. Satu di antaranya berisi mumi.

Berbeda dengan temuan-temuan sebelumnya, sebuah mumi masih tersimpan dalam sarkofagus yang ditemukan pada Kamis, 13 Februari 2014. Tim arkeolog pun menyebut temuan ini langka.

Sarkofagus yang panjangnya mencapai 2 meter itu ditemukan di area makam Djehuti, seorang penyimpan harta karun milik Ratu Hatshepsut di pemakaman Dra Abul-Naga, Luxor, Mesir.

"Sebuah tim yang sedang melakukan penggalian rutin di sebuah area pemakaman di Luxor menemukan sarkofagus berbentuk manusia," tulis media milik pemerintah Mesir, Al-Ahram yang dikutip Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).

Menurut Dewan Tinggi Barang-Barang Purbakala Mesir, sarkofagus itu berasal dari tahun 1.600 Sebelum Masehi (SM), saat Dinasti Phraos ke-17 berkuasa di Mesir.

"Sarkofagus itu berisikan mumi yang dulunya adalah seorang pejabat tinggi Mesir," ungkap Menteri Barang-Barang Purbakala Mesir, Mohamed Ibrahim seperti dimuat di CNN.

Hal tersebut diketahui dari gelar jabatan yang terukir di tutup sarkofagus itu. Namun, para arkeolog belum dapat mengidentifikasi identitas si mumi.

Tim arkeolog itu menemukan 2 sarkofagus lain di lokasi yang sama, namun sayangnya kedua peti batu itu tak berisi. Dipercaya bahwa mumi yang tadinya mendiami peti-peti tersebut dicuri pada ribuan tahun lalu.

Pada 2013, tim yang sama juga berhasil menemukan sebuah sarkofagus milik seorang anak yang diketahui berasal dari dinasti yang sama dengan yang ditemukan kemarin, Dinasti Phraos ke-17.

Tim arkeolog dari Spanyol telah melakukan penggalian di situs pemakaman ini sejak 13 tahun lalu. "Penggalian di situs pemakaman ini masih berada di puncaknya," tutur kepala tim arkeolog Spanyol, Gose Galan. (Ega/Riz)

Baca juga:

Penampakan Manusia Purba Stonehenge Berumur 5.500 Tahun: Ganteng!
Keanehan Mumi Firaun Tutankhamun: Kemaluan Tegak, Jantung Hilang
Potongan Tubuh Berjatuhan dari Pesawat Gegerkan Arab Saudi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.