Sukses

Gempa Kuat 6,8 SR Guncang China, Tim Penyelamat Diterjunkan

Pusat gempa terletak di Yutian dengan kedalaman hanya sekitar 12,5 kilometer.

Gempa berkekuatan besar mengguncang kawasan barat Xinjiang, China. Belum diketahui ada tidaknya korban jiwa dan kerusakan.

Seperti dimuat Reuters, Selasa (12/2/2014), Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, gempa berkekuatan 6,8 skala Ritcher melanda kawasan pedalaman di Xinjiang.

Berdasarkan Pusat Jaringan Gempa China, gempa berkekuatan 7,3 SR yang diikuti gempa susulan sebanyak 7 kali. Gempa susulan terjadi selama setengah jam.

Pemerintah China mengumumkan, pusat gempa terletak di Yutian dengan kedalaman hanya sekitar 12,5 kilometer. Titik gempa terletak pada jarak sekitar 270 kilometer dari Hotan.

Hingga berita ini diunggah, belum diketahui dampak gempa, seperti korban atau kerusakan. Pemerintah Xinjiang mengatakan, pihaknya telah mengirim sekitar 20 orang tim penyelamat menuju lokasi gempa.

Sebagian wilayah China diketahui rawan gempa. Salah satu yang terbesar terjadi pada 12 Mei 2008 lalu, gempa 7,9 SR yang mengguncang Sichuan menewaskan hampir 90 ribu orang -- di antaranya hilang dan diasumsikan tewas.(Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

Video Terkini