Sukses

Badai Salju Terbesar Terjang Jepang, 3 Tewas Ratusan Terluka

Badai salju dengan ukuran paling besar dalam 2 dekade terakhir menerjang Tokyo, dan kawasan lain di Jepang.

Badai salju dengan ukuran paling besar dalam 2 dekade terakhir menerjang Tokyo, dan kawasan lain di Jepang. Akibatnya 3 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Seperti dilaporkan siaran berita Jepang, NHK, Minggu (9/2/2014), lebih dari 740 penerbangan dari dan menuju Jepang dibatalkan usai badan cuaca Negeri Sakura mengeluarkan peringatan akan adanya badai besar. Bandara di sekitar Hiroshima dan Kagawa pun ditutup. Sekitar 40 ribu rumah juga terisolasi.

Salju setebal 22 cm turun pada Sabtu 8 Februari sore waktu setempat. Ukuran tersebut melampai 20 cm yang menjadi ukuran salju terbesar di Jepang sejak 1994.

Dua dari tiga orang yang tewas masing-masing berusia 88 dan 90 tahun. Keduanya tewas dalam kecelakaan akibat badai salju saat mereka sedang menuju panti jompo di Ishikawa. Polisi menduga mobil yang mereka tumpangi tergelincir akibat licinnya jalan.

Satu orang tewas lainnya adalah seorang pria yang mobilnya tertabrak kereta di persimpangan. Sekitar 3.200 kecelakaan lainnya pun terjadi di wilayah lain akibat diselimuti salju. NHK melaporkan, korban cedera mencapai 494 orang yang tersebar di seluruh bangsa.

Dengan kondisi tersebut, badan cuaca dan pemerintah mengeluarkan peringatan untuk para warga agar tidak keluar rumah, apabila tidak ada keperluan yang mendesak. Sebab kondisi cuaca sangat berbahaya. "Waspada angin kencang dan gelombang tinggi di kawasan timur Jepang," demikian pernyataan badan cuaca. (Riz)

Baca juga:

[VIDEO] Batu Besar Hantam Gerbong Kereta di Prancis, 2 Tewas
[VIDEO] Salju Kubur Desa di Italia - Bom PD II Hebohkan Hong Kong
Beethoven Palsu Asal Jepang Mengaku Dibantu `Komposer Hantu`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.