Sukses

Siklus Badai Tropis Terbentuk, Warga Australia Waspada Saat Natal

Sukacita perayaan Natal di Australia bagian barat dan utara harus dibarengi dengan kewaspadaan, sebab ada siklon badai.

Sukacita perayaan Natal masyarakat di Australia bagian barat dan utara sepertinya harus dibarengi dengan kewaspadaan, sebab siklon badai tropis diperkirakan terbentuk di kawasan tersebut pada Rabu pagi waktu setempat. Sebuah peringatan level biru pun telah dikeluarkan untuk masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut termasuk Dataran Tinggi Mitchell.

Selain itu, peringatan tersebut juga berlaku di Pulau Wyndham, Kalumburu, Troughton dan sekitarnya.

"Meskipun tidak ada bahaya, Anda perlu mulai mempersiapkan diri menghadapi cuaca berbahaya itu dan tetap memperbaharui informasi terkait," imbau Departemen Kebakaran dan Darurat (DfES) seperti dilansir Liputan6.com dari News.com.au Rabu (25/12/2013).

Warga pun telah diperingatkan untuk mengamankan diri atau membersihkan tanah dari sekitar rumah mereka agar tak terjadi longsor. Selain itu juga agar memastikan perlengkapan darurat mereka lengkap.

Gejala munculnya siklon tropis itu dimulai pada hari Selasa sekitar pukul 12.30 waktu setempat. Angin dengan kuat berhembus ke sekitar 285 km timur laut dari Kalumburu dan 355 km utara dari Wyndham, lalu bergerak ke selatan dengan kecepatan 7km/ jam menuju arah utara Pantai Kimberley.

"Siklus tersebut diperkirakan bisa berkembang menjadi siklon tropis dalam 18 sampai 24 jam berikutnya," jelas Biro Meteorologi.

Sementara itu, diperkirakan angin dengan kekuatan hembusan sampai 100 km/jam yang berkembang di Pantai Kimberley pada hari Rabu pagi juga akan mengakibatkan hujan deras. Hujan diperkirakan akan mengguyur wilayah utara Kimberley sepanjang Rabu dan Kamis. (Tnt/Ein)

Lihat juga:
Ngeri! Kota Tacloban yang Porak-poranda dari Luar Angkasa
[VIDEO] Misteri Badai Heksagonal Berinti `Mawar Merah` Saturnus
Satelit NASA Abadikan Penampakan Badai Flores dari Luar Angkasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini