Sukses

Insiden Penembakan di SMU Colorado Dipicu Balas Dendam ke Guru

Insiden penembakan kembali menghantui Amerika Serikat. Melukai 2 orang dan membuat pelakunya tewas.

Insiden penembakan kembali menghantui Amerika Serikat. Seorang siswa di sebuah sekolah di Colorado mengeluarkan tembakan yang melukai 2 murid lain -- salah satunya cedera serius. Pelaku meninggal dunia dalam insiden yang terjadi 13 Desember 2013, akibat luka tembak yang ia sebabkan sendiri.

Pelaku membawa senapan ke sekolah dan mencari seorang guru tertentu. Di tengah jalan ia dihalangi dengan teman sekelasnya. Demikian ujar sherif Arapahoe County, seperti Liputan6.com kutip dari BBC News, Sabtu (14/12/2013).

Serangan terjadi sehari sebelum peringatan tragedi penembakan membabi buta di SD Sandy Hook, Newtown Connecticut. Kala itu Adam Lanza menembak mati 20 anak-anak dan 6 orang dewasa.

Tersangka masuk ke sekolah menengah Arapahoe High School di Centennial pukul 12.33 waktu setempat.

Setelah mendapat laporan awal penembakan, polisi bersenjata yang terlatih menangani kasus penembakan menyerbu gedung, memerintahkan siswa keluar dengan tangan di atas kepala mereka.

Siswa 15 tahun yang menjadi korban penembakan oleh tersangka berada dalam kondisi serius dan menjalani operasi di rumah sakit. Di dalam, polisi mereka menemukan siswa lain yang tampaknya menderita luka tembak yang untungnya tak parah.

Pihak berwenang juga menemukan siswa yang diyakini sebagai pelaku bersenjata tewas. "Dia sudah meninggal dan kemungkinan tewas akibat kesalahannya sendiri," kata Sherif Arapahoe County, Grayson Robinson.

Dia menambahkan, penembakan tersebut diduga adalah upaya balas dendam menyusul perselisihan antara tersangka dan guru yang ia cari. Dua bom molotov juga ditemukan di dalam sekolah yang memiliki lebih dari 2.200 siswa dan 70 ruang kelas .

Seorang siswa kepada CBS mengaku mendengar 3 tembakan. Ia langsung bersembunyi di ruangan yang terkunci. Guru yang ada di sana mencoba menenangkan murid-murid yang panik.

Sementara, seorang penjaga sekolah mengatakan kepada media lokal ia melihat seorang mahasiswa berpakaian ala militer ke sekolah dan mengancam seorang guru dari luar gedung.

Di tempat terpisah, Gubernur Colorado John Hickenlooper memuji respon cepat aparat. "Doa kami menyertai seluruh ... masyarakat, " kata dia.

Sekolah ini hanya berjarak 13 km di timur Columbine High School di Littleton , Colorado, TKP penembakan massal di sekolah pada bulan April 1999 yang menewaskan 14 siswa.

Sebuah laporan bulan lalu menemukan bahwa Adam Lanza, yang melakukan pembantaian di Sandy Hook, terobsesi melakukan pembunuhan massal  terutama terinspirasi penembakan Columbine. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini