Sukses

Monyet Kerdil Penghuni Baru Kebun Binatang Cologne

Dua ekor marmosets yang lahir di Kebun Binatang Jerman, dipertunjukkan di depan pengunjung. Yang membedakan monyet kerdil ini dengan monyet omnivora lainnya adalah kegemarannya memakan getah karet.

Liputan6.com, Cologne: Sebanyak dua ekor Pygmy Marmosets (Cebuella spp) yang baru lahir di Kebun Binatang Cologne, Jerman, dipertunjukkan di depan pengunjung, Kamis (15/4). Binatang langka berekor panjang plus berbulu tebal ini adalah jenis kera terkecil di dunia. Keistimewaan marmosets yang membedakannya dari jenis kera omnivora lain adalah kegemarannya mengunyah getah karet.

Panjang badan maksimal hewan yang hanya dapat ditemukan di hutan hujan Amerika Selatan dan Tengah itu hanya sekitar 12 sentimeter. Sedangkan berat badan marmosets dewasa dapat mencapai sekitar seratus gram. Badannya yang sangat kecil dan tempat hidupnya yang tersembunyi di puncak pohon membuatnya terlindung dari pemangsa.

Pygmy Marmosets hidup secara berkelompok, yang biasanya terdiri dari 15 ekor. Anggota kelompok tersebut terdiri dari sepasang marmosets dewasa dan beberapa ekor anaknya. Umumnya, seekor marmosets betina dewasa melahirkan sepasang bayi kembar. Sementara pengasuhan bayi marmosets dilakukan oleh semua anggota kelompok.(YAN/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini