Sukses

Festival Onbashira di Jepang

Kota Suwa, Jepang, secara rutin menggelar festival yang paling berisiko tinggi, Onbashira. Para peserta lomba meluncur dari atas bukit dengan menggunakan batang cemara yang beratnya bisa mencapai 13 ton.

Liputan6.com, Suwa: Festival Onbashira yang diadakan di Kota Suwa, Jepang, sangat unik dan berbahaya. Dalam festival yang digelar, Jumat (9/4), para peserta berlomba menuruni bukit dengan menaiki batang pohon cemara. Pohon-pohon cemara diluncurkan dari bukit dan peserta berlomba menaikinya.

Pohon cemara yang dipakai dalam festival ini memiliki panjang 17 meter dengan diameter satu meter serta berat sekitar 12 hingga 13 ton. Batang pohon ini meluncur menuruni bukit dengan kecepatan tinggi. Setiap kali festival ini diadakan selalu jatuh korban tewas atau cedera karena tertimpa pohon yang sangat berat. Untuk festival tahun ini tidak ada laporan adanya korban yang jatuh.

Di Jepang, pohon cemara besar merupakan simbol dari dewa yang dibawa turun dari gunung ke kota dan didirikan di luar Kuil Besar Suwa. Tidak ada catatan mengenai awal mula festival ini. Akan tetapi sejarah mencatat, festival ini telah diadakan sejak 1.200 tahun silam, pada masa Kekaisaran Kanmu di zaman Heian. Sejarawan lain memperkirakan sudah ada sejak zaman Nara.(YYT/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini