Sukses

Pemancing Tangkap `Monster Laut` Ukuran Super

Pemancing di Amerika Serikat tak menyangka menemukan ikan misterius superbesar. Beratnya 800 pon atau sekitar 362 kilogram.

Pemancing di Pantai Kota Miami, Florida, Amerika Serikat tak menyangka menemukan ikan misterius superbesar. Beratnya 800 pon atau sekitar 362 kilogram. Orang-orang yang melihat ikan tersebut menyebutnya 'monster laut'.

Tapi si pemancing yang juga kapten pelayaran, Mark Quartiano, ikan yang ditangkapnya tersebut seperti dinosaurus. Setelah mendapatkan ikan itu, Mark menjepretkan foto dan mengunggahnya ke jejaring sosial.

"Aku pernah menangkap ikan seperti itu sebelumnya. Tapi tidak pernah dapat yang ukurannya seperti itu sepanjang 30 tahun saya memancing," kata Mark kepada ABC yang dimuat Liputan6.com pada Rabu (27/11/2013).

"Ikan itu sangat langka. Bentuknya seperti ikan pari raksasa. Ini dinosaurus," imbuh dia.

Saat menangkapnya, Mark mengaku belum tahu jenis ikan yang ditangkapnya itu. Kemudian setelah diselidiki, ikan tersebut masuk dalam spesies Dactylobatus clarkii. Ikan ini juga dijuluki hookskate atau fingerskate.

Jenis ikan Dactylobatus clarkii biasa hidup di laut dengan kedalaman 1.000 kaki atau sekitar 304,8 meter. Mark bilang, ikan yang ditemukannya tersebut sudah berusia cukup tua.

"Saya melihat tanda usianya sudah tua," ujar Mark.

Setelah menangkap dan mengabadikan penampakannya, Mark membebaskan kembali ikan tersebut. Dia berharap populasi 'monster laut' tersebut bisa bertambah.

"Aku sangat beruntung bisa mendapatkannya. Memang musim ini sedang bagus untukku memancing," tandas Mark. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.