Sukses

50 Tahun Kematian Kennedy, AS Kibarkan Bendera Setengah Tiang

"Hari ini, kita menghormatinya dan merayakan jejak abadinya pada sejarah Amerika," kata Barack Obama.

Sekitar 5.000 orang memenuhi Dealy Plaza, Dallas, Amerika Serikat. Mereka tertunduk dan terdiam. Orang-orang itu tengah mengheningkan cipta untuk memperingati 50 tahun kematian Presiden Amerika Serikat John F Kennedy.

Kerumunan orang itu hanya berjarak beberapa langkah dari Texas School Book Depository. Dari lantai 6 bangunan itulah Lee Harvey Oswald diduga menembak Kennedy yang menumpang mobil Limousin pada 22 November 1963.

Bendera AS dikibarkan setengah tiang di lokasi tersebut. Sejumlah tokoh, termasuk Walikota Dallas Mike Rowlings, berpidato dalam acara itu.

"Kita menyaksikan realitas mengerikan di lapangan di hadapan kita," kata Walikota Dallas Mike Rawlings dikutip Washington Pos, Sabtu (23/11/2013). "Presiden kita telah diambil dari kita, diambil dari keluarganya, diambil dari dunia," lanjut Rowlings.

Sebelumnya, Presiden Barack Obama mengeluarkan perintah pengibaran bendera setengah tiang di Gedung Putih dan kantor-kantor pemerintah untuk memperingati kematian Kennedy. "Hari ini, kita menghormatinya dan merayakan jejak abadinya pada sejarah Amerika," kata Obama dikutip BBC. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini