Sukses

Menara WTC Baru di Lokasi Teror 9/11 Jadi Gedung Tertinggi AS

1 WTC menggeser pemegang gelar sebelumnya yakni Willis Tower yang memiliki tinggi 1.451 kaki atau 442 meter.

Aslinya menara itu berjuluk Freedom Tower, namun kemudian ia berganti nama menjadi One World Trade Center atau  1 WTC.

Baru-baru ini sebuah komite arsitek ternama menyatakan bangunan baru yang didirikan di kompleks asli menara kembar World Trade Center yang hancur akibat serangan teroris pada 11 September 2001 itu, sebagai gedung tertinggi di AS. Menjulang dengan tinggi 1.776 kaki atau 541 meter.

Komite tersebut, Height Committee of the Council on Tall Buildings and Urban Habitat mengumumkan keputusannya di Chicago.

1 WTC menggeser pemegang gelar sebelumnya yakni Willis Tower yang memiliki tinggi 1.451 kaki atau 442 meter.

Seperti dikutip dari berita BBC, Selasa 12 November 2013, Direktur Eksekutif Komite Antony Wood mengatakan, menara pemancar yang ada di 1 WTC dihitung sebagai struktur permanen bangunan. Tanpa pemancar itu, tinggi 1 WTC hanya 1.368 kaki, masih di bawah Willis Tower yang sebelumnya dikenal sebagai Sears Tower.

Puncak menara akan berfungsi sebagai antena siaran setelah gedung selesai dibangun pada 2014 nanti.

Meski jadi yang tertinggi di AS, baik 1 WTC dan Willis Tower kalah jauh dari gedung tertinggi dunia, Burj Khalifa di Dubai yang menjulang ke langit 2.723 kaki atau 830 meter.

One World Trade Center dibangun di Manhattan di dekat bekas Menara Kembar WTC. Merupakan 1 dari 6 bangunan baru di lokasi teror 11 September 2001. Dengan lebih dari 2.000 orang tewas, teror 9/11 menjadi serangan teroris paling parah dalam sejarah AS.

Tinggi bangunan 1.776 kaki adalah simbol tahun penandatanganan kemerdekaan AS dari Inggris. "Komite memahami benar situasi (latar belakang historis) terkait gedung itu," kata Wood.

Selain jadi perkantoran, One World Trade Center juga menjadi museum dan memorial bagi mereka yang tewas dalam serangan teror 9/11.

Di plasa di bawahnya, dua kolam besar berbentuk kotak, menjadi penanda lokasi menara kembar WTC yang hancur. Dilengkapi air terjun buatan terbesar yang ada di seluruh negeri Paman Sam. (Ein/Yus)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.