Sukses

Haleakala, Gunung Mitos di Pulau Maui

Kepulauan Hawaii selain memiliki keindahan pantai juga mempunyai pemandangan serta kisah rakyat yang menarik dari salah satu gunung berapi bernama Haleakala. Gunung itu merupakan tempat tinggal Dewi Api Pele.

Liputan6.com, Hawaii: Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat terkenal memiliki kawasan wisata pantai yang indah. Namun ternyata tidak hanya keindahan laut yang dimiliki Hawaii, kepulauan ini juga menyimpan pemandangan serta kisah rakyat yang menarik dari salah satu gunung berapi terkenal yaitu Gunung Haleakala.

Perjalanan ke Haleakala yang terletak di Taman Nasional Haleakala berjarak sekitar dua setengah jam perjalanan dengan mobil dari kawasan Pantai Maui. Gunung setinggi 10.023 kaki atau sekitar 3.055 meter dari permukaan laut itu telah berusia sembilan ratus ribu tahun. Haleakala menurut bahasa setempat berarti rumah matahari terbit. Gunung ini menyimpan sejumlah cerita rakyat Hawaii.

Pulau Maui tempat gunung ini berada dikisahkan sebagai anak dari Dewa Langit Wakea. Haleakala juga dikisahkan sebagai tempat terjadinya sebuah pertempuran agung antara Dewi Api Pele dengan Dewi Laut Poliahu. Pele kalah dalam pertarungan itu namun ia terus tinggal di dalam kawah kawah gunung berapi Hawaii.

Dengan atau tanpa cerita rakyat yang melatarbelakanginya, Gunung Haleakala dilaporkan selalu mempunyai aura magis. Apalagi jika nyanyian adat Hawaii terdengar dari lantunan penyanyi adat di puncak gunung. Bagi warga setempat, Halekala adalah salah satu bukti di mana alam menjadi bagian dari identitas seseorang.

Saat matahari terbit terlihat dari balik Gunung Haleakala, masyarakat setempat memulai hari mereka dengan semangat penuh harapan. Ketika matahari tenggelam di ufuk barat, warga pun melepas semua beban mereka hari itu dan membiarkan tenggelam bersama sang mentari.(TOZ/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.