Sukses

Xanana Gusmao: Tahun Depan, Saat SBY Tak Lagi Menjabat...

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao memberikan sambutan dalam acara Bali Democracy Forum VI.

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, yang pernah jadi tahanan politik Indonesia di Cipinang tahun 1992 silam, melayangkan pujian pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat memberi sambutan dalam ajang Bali Democracy Forum VI.

"Sejak jadi Presiden 10 tahun lalu, SBY telah memimpin transformasi Indonesia. Indonesia adalah negara toleran, dengan keberagaman, salah satu negara demokrasi dunia, dan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi cepat," kata Xanana di Nusa Dua, Bali, Kamis (7/11/2013).

"Tahun depan saat SBY tak lagi menjabat ...  ia meninggalkan negara dalam kondisi lebih kuat, dibanding saat ia masuk (dalam pemerintahan sebagai presiden)."

Xanana juga memuji konstribusi SBY dalam proses rekonsiliasi dengan Timor Leste. "Sehingga 2 negara menikmati hubungan yang baik. Bisa menghadapi masa lalu yang pahit, lebih solider, dan mendorong kerjasama."

Menurut Xanana, SBY harus diberi pengakuan karena menciptakan perdamaian 2 negara. "Timor Leste tak punya teman yang lebih baik daripada SBY," kata dia.

Timor Leste diduduki oleh Portugal selama lebih dari 450 tahun. Kemudian menjadi bagian dari Indonesia selama 24 tahun -- sebagai Timor Timur yang menjadi propinsi ke-33.

Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002 dengan nama resmi Republik Demokratik Timor Leste atau  Timor Lorosa'e. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini