Sukses

Menakjubkan! Seniman Gambar Tato di Pisang

Bermodalkan alat penusuk tajam dan proses oksidasi pisang, gambar-gambar keren bisa diciptakan di atas kulit pisang. Yuk, lihat...

Apa yang ada dibenak Anda tentang kata pisang? Ya, itu hanyalah buah lezat kaya vitamin. Namun ternyata tak hanya itu. Buah berkulit kuning itu ternyata juga bisa menjadi media untuk sebuah karya seni mengagumkan.

Di tangan seorang seniman asal Jepang, seperti dimuat Oddity Central yang dilansir Liputan6.com, Rabu (6/11/2013), buah pisang itu benar-benar menjadi karya seni yang luar biasa.

Bermodalkan alat penusuk tajam seperti jarum atau paku payung dan proses oksidasi pisang, gambar-gambar keren bisa diciptakan.

Para seniman itu memulai karyanya denga membuat titik-titik pada kulit pisang. Ia menghabiskan sampai 5 jam untuk menusuk kulit buah tropis dan menciptakan karya yang terinspirasi oleh anime populer Jepang, seni tradisional Jepang dan tempat-tempat terkenal di negaranya.

Proses yang dibuat sangat mirip dengan yang digunakan oleh seniman tato biasa, hanya tanpa cat. Sebab ketika kontak dengan udara, bagian kulit pisang yang ditusuk akan berwarna coklat dengan sendirinya. Ternyata, buah dingin , semakin cepat mengoksidasi. Dengan mengontrol kepadatan lubang jarum, seniman muda bernama End Cape mampu menciptakan tekstur dan warna cokelat yang berbeda-beda.

Meskipun baru mulai meng-upload foto karya tato pisangnya yang menakjubkan itu ke Twitter beberapa bulan lalu, End Cape telah menjadi buah bibir di dunia maya. Bahkan dia telah tampil di televisi dan dia mengadakan pameran seni oksidasi pisang di sebuah galeri di Tokyo.

Tato pisang karya End Cape memang lebih unik dan lebih kompleks dari apa yang telah ada. Tapi End Cape bukan artis pertama yang menguasai teknik menarik untuk membuat tato pisang itu.

Sebelumnya, Phil Hansen, Honey dan Jun Gil Park telah memproklamirkan diri sebagai seniman tato pisang dan sudah terkenal. Yang lainnya, hanya mengekor ketenaran seniman itu.

Selain mereka, ada lagi seniman yang juga berkutat dengan pisang terlebih dahulu. Dia adalah Keisuke Yamada. Karya patungnya yang khusus terbuat dari pisang, tak kalah unik dengan tato pisang karya para seniman lainnya. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini