Sukses

Hidrogen, Bahan Bakar Masa Depan

Liputan6.com, Birmingham: Berbagai bahan alternatif terus dicari seiring menipisnya bahan bakar minyak. Di Inggris, baru-baru ini, para ahli teknik dari Universitas Birmingham tengah menciptakan bahan bakar hidrogen sebagai pengganti BBM. Hidrogen dianggap sebagai bahan bakar masa depan karena ramah lingkungan. Emisi yang dihasilkan gas ini pun hanya uap air. Sejauh ini, para ahli berkonsentrasi untuk menciptakan sebuah infrastruktur penyimpanan hidrogen yang aman.

Menurut anggota tim peneliti, Profesor Kevin Kendall, ide pengembangan hidrogen sebagai bahan bakar sebetulanya bukanlah hal baru. Soalnya, perjalanan ke luar angkasa telah menggunakan zat ini. Tapi, lain halnya bagi penggunaan rumah tangga akibat masih banyaknya pasokan gas alam, minyak bumi atau batu bara. Kendati begitu, Kendal yakin, hidrogen yang memiliki keunggulan karena dinilai bersih dan efisien akan mengambil alih peran itu.

Selain itu, Kendall menjelaskan, ada tiga pendorong yang akan membuat hidrogen memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Selain pasokannya aman, bahan bakar minyak juga diperkirakan akan habis dalam waktu 50 tahun lagi. Apalagi, kesadaran akan pemanasan global juga akan terus membaik. Sejauh ini, sembilan kota di Eropa, termasuk London berpartisipasi dalam proyek uji coba bus bertenaga hidrogen ini. Proyek tersebut melibatkan lebih dari 40 organisasi internasional yang memiliki perhatian terhadap masalah ini.(ORS/Dew)
    Artikel Selanjutnya
    Ini 5 Serangan Serangga Terburuk dalam Sejarah
    Artikel Selanjutnya
    Di Tengah Perang, Yaman Hadapi Wabah Kolera Terburuk di Dunia