Sukses

Jepang Diguncang Gempa 7,1 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Getaran gempa terasa hingga 300 mil jauhnya dari Tokyo.

Wilayah Fukushima, Jepang, diguncang gempa bumi berkekuatan 7,1 skala richter (SR) pada pukul 02.10 waktu setempat. Guncangan gempa tak berpotensi tsunami, meski sebelumnya 3 kota di sepanjang 200 mil pantai timur Jepang berstatus waspada gelombang tsunami.

"Semua peringatan tsunami telah dibatalkan. Tidak ada peringatan tsunami yang saat ini berlaku," tulis Badan Meteorologi Jepang dalam situsnya, Jma.go.jp, Sabtu (26/10/2013).

Meskipun ada kenaikan permukaan air laut untuk beberapa wilayah pesisir Jepang, namun tak ada bahaya tsunami. Pusat gempa berada di 231 sebelah timur Pulau Honshu dengan kedalaman sekitar 10 kilometer. Sementara getarannya terasa hingga 300 mil jauhnya dari Tokyo.

Seperti dilansir laman CNN, wilayah Fukushima tercatat pernah dilanda gempa berkekuatan 9 SR yang mendatangkan tsunami pada Maret 2011 lalu. Beberapa reaktor nuklir pun rusak karena bencana yang melanda.

Lebih dari 15 ribu orang dikabarkan tewas dalam gempa dan tsunami kala itu. Sementara kerusakan material diperkirakan mencapai US $ 300 miliar. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

Video Terkini