Sukses

Karnaval Tahunan di Jerman Meriah

Di Waldkirch, Jerman, karnaval berlangsung pada malam hari dan bertema pesta para penyihir. Di Kota Zell, karnaval dimeriahkan dengan konvoi badut. Sedangkan di Berlin, karnaval dimeriahkan dengan konvoi kendaraan.

Liputan6.com, Waldkirch: Beberapa kota di Jerman, baru-baru ini, menggelar karnaval tradisional. Tema karnaval beragam di setiap kota, mulai dari parade badut sampai penyihir. Karnaval di berbagai kota itu sebagian besar dipadati penonton lokal maupun turis.

Di Waldkirch, karnaval berlangsung malam hari. Padahal biasanya acara ini selalu diselenggarakan pagi sampai siang hari. Namun perubahan jadwal tersebut bukan tanpa alasan. Menurut panitia penyelenggara, waktu acara disesuaikan dengan tema karnaval yang sudah berusia ratusan tahun: pesta para penyihir.

Warga di Waldkirch percaya, setiap tahun pada akhir pekan ketiga Febuari, para penyihir di kota ini berkumpul di sejumlah hutan Waldkirch. Mereka diyakini melakukan upacara penerimaan para penyihir baru. Pada awalnya, acara ini hanya boleh diikuti warga asli yang sudah berumur 18 tahun. Namun sesuai perkembangan zaman, pertunjukan telah menjadi pesta rakyat dan terbuka untuk umum.

Sementara karnaval di Kota Zell, bertema badut. Karnaval dimaksudkan buat mengenang kepercayaan zaman dahulu: untuk mengusir musim dingin rakyat harus menggelar berbagai atraksi dan keributan badut.

Sedangkan di Berlin, karnaval mengambil tema parade 40 kendaraan bermotor. Para peserta menghiasi kendaraan mereka dengan berbagai jenis tampilan. Pawai kendaraan juga dimeriahkan dengan kehadiran 3.000 badut yang membagikan coklat kepada sekitar 750 ribu penonton.(ICH/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini