Sukses

`Koboi` Ini yang Bikin Pemerintahan AS <i>Shutdown</i>?

Pemerintahan Amerika Serikat shutdown atau ditutup sementara --sejak Selasa 1 Oktober 2013 pukul 00.01 waktu setempat, akibat sikap anggota parlemen dan Senat yang tidak menyetujui anggaran pemerintahan AS.

Akibatnya, segala aktivitas pemerintah AS, kecuali militer, berhenti sementara. Sejumlah operasi lembaga federal yang dianggap tak penting dihentikan, sekitar 800 ribu pegawai dirumahkan tanpa menerima gaji. Belum diketahui sampai kapan hal ini terjadi.

Siapa dalang yang bikin pemerintah AS shutdown? Diduga adalah Ted Cruz. Ia merupakan politisi muda dari Partai Republik yang tak menjabat pada posisi ketua parlemen, tapi dia telah menjadi senator AS selama 10 tahun.

Perlawanan dari Partai Republik digawangi Cruz yang bahkan berpidato selama 21 jam lebih di Senat AS guna mengulur waktu agar melebihi tenggat pengesahan UU Kesehatan yang dikenal dengan istilah Obamacare. 

Meski anggota dewan, gaya pakaian Cruz seperti koboi, sebagaimana asalnya, Texas --kota koboi. Sehari-harinya, ia selalu menggunakan sepatu bot koboi.

Cruz telah dikenal sebagai pemimpin de facto dari sayap kanan ultrakonservatif AS. Dan sepak terjangnya, seperti dimuat News.com.au, Rabu (2/10/2013), telah memosisikannya secara tidak langsung untuk memecah belah pemerintahan.

Kongres yang terpengaruh debat panas terkait UU Kesehatan yang digagas Presiden Barack Obama, atau yang dikenal sebagai Obamacare, gagal memperbarui anggaran pemerintahan tepat pada waktunya. Padahal tahun fiskal baru dimulai pada Selasa ini. Itu semua karena manuver-manuver yang dilancarkan Cruz untuk menggoyah beberapa pemimpin kubu Republik untuk menentang kubu Demokrat di Kongres.

Sikap Cruz ini disebut koleganya sesama kader Republik sebagai langkah yang tegas dan konsisten. Sebab pemimpin Republik sempat hampir menyetujui gagasan Obamacare.

Dari rekam jejaknya, Cruz bukan orang sembarangan. Pria yang genap berusia 43 tahun pada 22 Desember 2013 ini adalah sarjana hukum dari Princeton Law School dan Harvard Law School. Ia pernah menjadi jaksa agung terlama di Texas.

Selama melanglang buana di dunia hukum, ia kerap memenangkan perkara dalam pengadilan. Orang-orang juga menyebut Cruz sangat piawai soal public speaking. Bahasa retorikanya sangat tajam.

Meski demikian, Cruz juga dikenal arogan. Ia kerap menolak berhubungan dengan orang yang tidak selevel dengannya. Senator junior ini sangat percaya diri dan menyiratkan dirinya sebagai orang paling pintar.

Dengan sepak terjangnya ini, Cruz disebut berpeluang menjadi Presiden AS. Meski Partai Republik cenderung memilih capres yang sudah tua, berpengalaman, dan moderat. Tapi tak ada yang tak mungkin. Apa pun bisa terjadi. Apa Cruz bakal jadi presiden atau tetap berperan sebagai pengacau Senat? (Riz/Mut)

Artikel Selanjutnya
Konflik Korut dan AS Belum Ganggu Ekonomi RI
Artikel Selanjutnya
Donald Trump Tunjuk Ahli Korut sebagai Dubes AS untuk Korsel?