Sukses

Badai Ingrid Terjang Pantai Meksiko Timur dan Barat, 19 Tewas

Badai Ingrid yang menerjang kedua wilayah tersebut menyebabkan banjir besar.

Pantai bagian timur dan barat di Meksiko diterjang badai. Akibatnya 19 orang di dua wilayah tersebut tewas.

Seperti dimuat BBC yang dilansir Liputan6.com, Senin (16/9/2013), Badai Ingrid yang menerjang kedua wilayah tersebut menyebabkan banjir besar. Membut ribuan orang mengungsi ke tempat penampungan darurat di Pantai Teluk Meksiko.

Sementara di Pantai Pasifik, terjangan Badai Tropis Manuel membawa hujan lebat selama 2 hari berturut-turut dan menyebabkan kerusakan meluas. Daerah di sekitar resor Pantai Acapulco yang sangat terpengaruh akibat terjangan badai tersebut.

Cuaca buruk tersebut juga menyebabkan pembatalan perayaan Hari Kemerdekaan di banyak kota di Meksiko. Ribuan orang pun terpaksa meninggalkan rumah mereka demi keselamatan.

Di Teluk Meksiko, lebih dari 6 ribu orang telah dievakuasi menjelang datangnya Badai Ingrid.

Kedatangan badai tersebut diperkirakan memiliki kecepatan angin 120 km per jam, menyebabkan kerusakan khususnya di Veracruz dan negara bagian Tamaulipas.

Sebelumnya Badai Tropis Manuel telah melanda pantai barat di Samudra Pasifik, membawa hampir dua kali lipat curah hujan bulanan hanya dalam waktu 3 hari. Negara bagian Oaxaca, Guerrero, dan Chihuahua yang mengalami  dampak terburuk akibat terjangan badai itu, dengan beberapa jalan dan jaringan telekomunikasi tak berfungsi.

Daerah Terparah

Wartawan BBC Will Grant di Mexico City melaporkan Badai Ingrid adalah badai besar kedua di musim badai. Badai tersebut diperkirakan semakin menguat di Teluk Meksiko.

Sebagian besar warga di kawasan tersebut juga telah dievakuasi untuk tinggal di tempat penampungan resmi, sementara sisanya telah mencari perlindungan dengan teman dan keluarga.

Badai Ingrid diperkirakan akan membawa curah hujan lebat di sebagian besar Meksiko timur, bisa menyebabkan sungai meluap dan menciptakan banjir bandang serta tanah longsor. Tiga anjungan minyak di lepas pantai Tamaulipas juga telah dievakuasi.

Pekan lalu, 13 orang tewas di Veracruz ketika rumah mereka terkubur di bawah tanah longsor yang disebabkan oleh hujan deras. Kondisi serupa juga terjadi di negara-negara Pasifik Oaxaca, Guerrero, dan Chihuahua menuju utara.

Pendaratan Badai Tropis Manuel membawa kekuatan yang mematikan. Salah satu yang terparah adalah banjir di bagian resor pantai Acapulco, Guerrero yang telah mencapai ketinggian 2 meter.

Saat ini, Meksiko  juga masih dalam keadaan siaga tinggi. Badan Meteorologi Nasional setempat juga memperingatkan bahwa musim hujan yang kuat dan berkepanjangan masih akan mengguyur sebagian besar kawasan yang dilewati badai itu. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini