Sukses

WNI di Suriah Segera Dipulangkan Secara Bertahap

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan, dari 12.572 WNI yang tercatat berada di Suriah, baru 8.679 saja yang telah dipulangkan.

Kondisi Suriah yang kian mencekam menjadi sorotan. Tak sedikit jiwa melayang karena konflik yang melanda negeri itu. Keadaan di sana diramalkan bakal semakin genting. Sementara hingga detik ini tercatat, masih ada 3 ribu warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Suriah.

Untuk itu, Kementerian Luar Negeri akan memulangkan segera para WNI di Suriah secara bertahap. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan, dari 12.572 WNI yang tercatat berada di Suriah, baru 8.679 saja yang telah dipulangkan.

"Banyak keprihatinan tentang warga negara kita yang berada di Suriah. Jadi masih tersisa sekitar 3 ribu orang di sana," kata Marty saat mendampingi Presiden SBY melakukan kunjungan kenegaraan di Astana, Kazakhstan, Senin 2 September 2013, dan dilansir laman Setkab.go.id pada Rabu (4/9/2013).

Marty menuturkan, WNI yang akan dipulangkan adalah mereka yang berasal dari tempat penampungan sementara Kedutaan Besar RI di Damaskus dan Beirut. Saat ini KBRI Damaskus menampung 148 WNI. Sedangkan 146 lainnya berada di KBRI Beirut.

"Proses pemulangan terus dilakukan bahkan sekarang ditetapkan bahwa WNI kita segera direpatriasi (dipulangkan)," ujarnya.

"Mudah-mudahan prosesnya bisa berlangsung seperti sekarang ini, tidak ada ketidaknyamanan dan tidak ada korban di antara warga negara kita. Ini harus dilakukan secara penuh kehati-hatian, kita tidak ingin ada peningkatan jumlah yang harus dikembalikan sementara sarana transportasi belum ada," ucap Marty. (Ndy/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini