Sukses

Menlu AS Pernah Dinner Bareng Presiden Assad yang Ia Sebut Hitler

Menlu AS John Kerry menyebut kekejaman Presiden Suriah Bashar al-Assad sama dengan Adolf Hitler dan Saddam Hussein.

Situasi Timur Tengah saat ini tengah memanas sejak Amerika Serikat berkoar akan melancarkan serangan militer terbatas ke Suriah, atas penggunaan senjata kimia di negara pimpinan Presiden Bashar al-Assad itu.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengecam Presiden Assad atas tindakan militernya yang tega membasmi oposisi yang jelas merupakan rakyatnya sendiri. Bahkan Kerry menyebut kekejaman Assad sama seperti pemimpin Partai Nazi Adolf Hitler dan mantan diktator Irak Saddam Hussein.

Namun tak disangka, sebelum benci seperti sekarang ini, Kerry pernah akrab dengan Assad. Hal itu terlihat dalam sebuah foto dinner atau makan malam bareng keduanya di Restoran Naranj, Damaskus, Suriah, Februari 2009.

Dalam foto yang dilansir Dailymail, Selasa (3/9/2013), Kerry dan Assad sama-sama didampingi istrinya. Saat itu, Kerry belum menjabat sebagai Menlu, masih menjadi Ketua Senat Massachusetts. Ia datang ke Suriah sebagai delegasi AS untuk menemui Presiden Assad guna membicarakan perdamaian di negara Timur Tengah itu.

Kerry sebelumnya menjelaskan, penggunaan senjata kimia menempatkan Presiden Assad dalam kategori yang sama seperti diktator paling berdarah di dunia.

"Bashar Assad sekarang bergabung dengan daftar Adolf Hitler dan Saddam Hussein (yang) telah menggunakan senjata-senjata ini pada saat perang," kata Kerry seperti dikutip NBC News.

Pernyataan Kerry ini dikeluarkan sehari setelah Presiden Barack Obama mengumumkan bahwa ia akan meminta persetujuan kongres untuk serangan militer di Suriah.

AS mengatakan yakin dengan laporan intelijen yang menyebut bahwa serangan senjata kimia yang menewaskan 1400 orang --termasuk anak-anak-- diluncurkan oleh rezim pemerintah Suriah. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini