Sukses

`Miskin` Keamanan, 49 Napi di Penjara Tunisia Kabur

49 Narapidana dari sebuah penjara di Kota Gabes di selatan Tunisia kabur pada Senin, 2 September 2013.

Akibat penjagaan keamanan yang tak ketat, 49 narapidana dari sebuah penjara di Kota Gabes di selatan Tunisia kabur pada Senin, 2 September 2013.

"Pada sore hari, 35 dari para tahanan ditangkap kembali," kata sumber keamanan lokal, seperti dimuat Xinhua yang dilansir Selasa (3/9/2013).

Sementara menurut Radio Tunisia, saat insiden kaburnya para napi itu, 3 penjaga penjara terlibat bentrok dan mengalami cedera.

Mengeteahui kejadian itu, Menteri Kehakiman Nadhir Ben Ammous segera mendatangi penjara yang terletak sekitar 500 km dari Ibukota Tunis.

Lebih dari 9 ribu tahanan telah melarikan diri dari sejumlah penjara Tunisia, setelah gejolak penggulingan Presiden Zine El Abidine Ben Ali pada Januari 2011. Para napi mengambil keuntungan dari kurangnya penjagaan keamanan di seluruh negeri.

Analis keamanan setempat menyalahkan miskinnya keamanan di penjara Gabes, dan sel-sel yang penuh sesak sebagai pemicu banyaknya tahanan kabur. Penyelidikan pun telah dibuka untuk menentukan keadaan kejadian. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.