Sukses

[VIDEO] Aksi Pemancing Tunggangi Ikan Mola Jumbo

ikan Mola dapat tumbuh hingga sepanjang 3,3 meter dengan bobot 2267 kg. Namun, Mola tidak berbahaya bagi manusia.

Pernah dengar ikan Mola? Dalam video yang diposting di YouTube dan dimuat di Daily Mail, Selasa (6/8/2013), terlihat gambar seorang pria menunggangi ikan mola raksasa di lepas pantai Meksiko. Sang ikan pun tak tampaknya keberatan ditunggangi.

Hebatnya pria ini, ia bisa menunggangi ikan Mola jumbo seperti menunggang kuda di daratan. Momen itu dilakukannya ketika sedang memancing di Samudera Pasifik belum lama ini. Keberadaan pemancing pria itu diatas punggungnya pun tak melukai si ikan.

Menurut National Geographic, ikan Mola dapat tumbuh hingga sepanjang 3,3 meter dengan bobot 2267 kg. Dengan ukuran jumbo seperti itu,  Mola tidak berbahaya bagi manusia.

Proses Rekaman

Momen menunggangi ikan Mola jumbo itu diabadikan oleh beberapa teman si pemancing pria dari atas perahu. Pertama, si perekam gambar terlebih dahulu nyemplung ke dalam air. Lalu mengambil gambar close up si ikan jumbo.

Kemudian, seorang pemancing pria lainnya melompat dan berenang mendekati ikan Mola jumbo itu. Ketika didekati, ikan Mola itu tak terlihat takut sedikit pun.

"Mereka (ikan Mola dan pemancing) mulai sebagai orang asing, tapi berakhir sebagai teman baik," deskripsi video yang diposting di YouTube itu.

Kemudian, aksi si pemancing meungangi ikan Mola pun dimulai. Ia menaiki ikan Mola benar-benar seperti menaiki seekor kuda. Mereka pun melaju berputar-putar sesaat. Hingga akhirnya si pemancing melepaskan pegangannya dan membiarkan si ikan jumbo pergi.

Ikan Mola jumbo juga dikenal dengan sebutan 'Ocean Sunfish.' Menurut NatGeo, Mola adalah ikan bertulang terbesar di dunia dan biasanya memiliki parasit yang sering dimakan oleh burung atau ikan lainnya.

Keberadaan parasit itulah yang membuat si penunggang ikan Mola mengalami luka akibat dihinggapi teritip --parasit pada ikan Mola.

Dalam adegan penutup video itu, si penunggang Mola pun mengucapkan terima kasih atas perjalanan menakjubkannya, sambil mengelupas beberapa teritip yang menempel pada kulit.

Setelah para pemancing itu kembali ke kapal. Ikan Mola itu terlihat kembali mendatangi perahu beberapa kali setelah perjalanan. Sepertinya ia senang dengan kehadiran si pemancing yang telah membersihkan punggungnya dari parasit. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini