Sukses

Panama Temukan Jet Tempur di Kapal Korut yang Ditahan

Petugas juga menemukan 2 sistem radar rudal di dalam Kapal Chong Chon Gang yang berlayar dari Kuba itu.

Tim investigasi Panama menemukan 2 jet tempur MiG-21 di dalam kapal angkut militer Korea Utara yang ditahan beberapa waktu lalu. Pesawat supersonik itu buatan Uni Soviet dan diduga berasal dari Kuba.

Seperti dikutip dari NBC News, Senin (22/7/2013), 2 jet tempur itu buatan tahun 1950. President Ricardo Martinelli di Pelabuhan Colon mengatakan, petugas juga menemukan 2 sistem radar rudal di atas Kapal Chong Chon Gang yang berlayar dari Kuba itu.

Barang-barang, termasuk kabel dan peralatan elektronik itu, ditemukan di dalam kontainer. Panama sebelumnya khawatir ada bahan peledak di dalam kontainer itu. Namun tidak ditemukan.

Setelah menghentikan kapal yang berlayar menuju Korea Utara pekan lalu, Panama mengungkapkan telah menemukan senjata di kargo pada Senin malam. Sebagai tanggapan, Kuba mengatakan kapal itu berisi berbagai senjata "usang" yang dikirim ke Korea Utara untuk diperbaiki.

Panama telah meminta Badan Keamanan PBB untuk menginvestigasi kapal kapal dan isinya di tengah kecurigaan bahwa kapal tersebut telah melanggar embargo senjata Korea Utara karena program nuklir dan rudal balistik. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini