Sukses

10 Orang Paling Berpendidikan di Dunia, Ada yang Punya 35 Gelar!

Ada Dr Sainbhy yang punya 35 gelar akademik. Juga Benjamin Bolger, 11 gelar dari universitas top dunia -- dia penderita disleksia parah.

Bagi kebanyakan orang, punya satu, dua, atau -- yang lebih jarang-- 3 gelar adalah perjuangan berat. Mengorbankan banyak waktu, uang, dan kerja keras.

Namun, Welin Kusuma berbeda. Ia jadi pemberitaan di media internasional. gara-garanya pria asal Makassar itu meraih 19 gelar dalam waktu 13 tahun: 8 gelar sarjana, 3 master dan 8 gelar profesional.

Jika namanya ditulis lengkap dengan gelar menjadi: Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, AffWM, BKP, QWP. Panjang! Semuanya diraih di Surabaya.

Welin bukan satu-satunya. Ada beberapa orang di dunia yang punya banyak gelar, dengan banyak alasan.

Ada yang memang berkomitmen meningkatkan pengetahuan, niat jadi 'mahasiswa profesional', atau yang sederhana, menjadikannya hobi.

Berikut 10 "orang paling berpendidikan di dunia" versi situs Online Colleges. Sayang, nama Welin belum ada dalam daftar.


1. Michael Nicholson, 27 Gelar





Michael Nicholson telah mengumpulkan gelar sarjana sejak 1963, dan ia belum berencana untuk berhenti. Pria 67 tahun itu memanfaatkan diskon uang kuliah yang ia dan istrinya dapatkan sebagai pegawai di Western Michigan University.

Sepanjang hidupnya, ia memiliki 27 gelar berbeda, termasuk 2 gelar associate, 19 master, 3 spesialis, dan 1 PhD atau doktor.

Nicholson mengaku, tidak mengejar gelar untuk meningkatkan karirnya. Ia hanya suka belajar dan mempelajari banyak bidang.

Sang kakek mengaku akan terus kuliah selagi mampu. Istrinya juga melakukan hal yang sama dan mendapatkan 7 gelar.


2. Zhou Baokuan, 10 gelar




Selama 35 tahun menuntut ilmu, Zhou Baokuan meraih 9 gelar, dan lantas meraih yang ke-10 -- PhD dari Fudan University.

Total, ia memiliki 3 gelar doktor, 3 master, 4 sarjana, dan sejumlah diploma bidang teknik.

Bukan jalan yang mudah bagi Zhou meraih apa yang ia miliki saat ini. ia memperkirakan seluruh studinya itu menghabiskan 126.300 jam hidupnya.


3. Benjamin Bolger, 11 gelar dari universitas bergengsi



Benjamin Bolger tak cuma punya 11 gelar, kebanyakan didapat dari universitas paling bergengsi di dunia.

Gelar sarjana pertamanya diraih di usia 19 tahun dari University of Michigan. Pada 2008, Bolger meraih gelar doktor pertamanya dari Harvard.

Ia juga meraih gelar dari Columbia, Brown, Stanford, Dartmouth, Oxford, dan Cambridge -- itu belum termasuk gelar lain dari Harvard.

Tak cukup di situ, Bolger pada 2011 sedang berusaha meraih 5 gelar lain di Penn dan Cornell.

Yang membuat kisahnya luar biasa adalah, selain perjuangannya lulus dan mendapat gelar dari universitas top dunia, ia juga menghadapi disleksia parah. Namun keterbatasan tak jadi penghalang baginya.

4.  Hardial Singh Sainbhy, 35 gelar




Dengan mengantongi 35 gelar,  Dr Sainbhy menjadi salah satu orang dengan gelar akademik terbanyak di muka Bumi.

Mahasiswa super asal India itu punya gelar dari berbagai bidang. Ia punya 15 gelar master, 5 gelar diploma pascasarjana, dan sarjana hukum, sertifikat AMIE dan AMSIE, juga sejumlah gelar sarjana.

Hardial Singh Sainbhy menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang kuliah. Ia punya tekad menambah gelarnya itu selama tubuh dan otaknya masih mampu kuliah.


5. Ashoka J. Prasad Jr, dokter terkemuka dengan 19 gelar




Ashoka J. Prasad Jr adalah pemimpin bidang medis di negaranya. Memajukan bidang kedokteran anak (pediatri) dan perawatan pasca-melahirkan untuk rakyat India. Ia juga menjadi pengajar di  Columbia, U Penn, Harvard, Yale, dan Cambridge.

Meski mengajar dan berkarir di bidang kesehatan, ia punya 19 gelar dalam berbagai  bidang. Termasuk MA bidang antropologi dari Cambridge, MRC dalam psikiatri dari University of Edinburgh, juga gelar lain di geografi, sejarah, matematika, dan kedokteran penerbangan.

Pria 56 tahun tersebut kini telah pensiun dan tinggal di rumahnya di India. Namun, ia masih sering menulis dan jadi pembicara.


6. RK Rai, 30 gelar


Tak ada kata cukup bagi RK Rai. Selama 65 tahun hidupnya ia mengumpulkan lebih dari 30 gelar: 22 master, 5 PhD, dan 3 D. Litts -- dalam bidang beragam.

Kini, ia telah pensiun dari pekerjaannya sebagai dosen. Ray yakin, belajar seumur hidup adalah kunci meraih kebahagiaan dalam hidup.


7. Robert Raffa, 5 gelar dengan banyak prestasi





Dr Robert Raffa adalah dosen sekaligus kepala studi farmasi dari Temple University. Ia punya 5 gelar berbeda: 2 sarjana, 2 master, dan 1 PhD.

Tak hanya sekadar status, Robert Raffa memanfaatkan semua gelar dan latar belakang akademiknya dalam berbagai proyek penelitian, penulisan buku, dan mengajar di kelas dalam mata kuliah kimia dan farmasi.

Ia juga memenangkan banyak penghargaan. Pencapaiannya menunjukkan, seseorang tak perlu puluhan gelar untuk menonjol.


8. Satch Ejike, 5 gelar dengan profesi tak nyambung




Pengacara sekaligus ilmuwan sosial memiliki 5 gelar, dari LL.B di bidang hukum, B.L juga di bilang hukum, MS di
ilmu politik, MA dalam humaniora dan , LL.M dalam bisnis dan perpajakan, juga PhD dalam sejarah bisnis dan kebijakan publik.

Ia memanfaatkan ilmunya untuk mengajar di bidang hukum dan humaniora, dan bekerja sebagai pengacara.

Uniknya, ia lebih dikenal dalam bidang yang tak berkaitan langsung dengan latar belakang akademiknya. ia adalah penulis sejumlah buku tentang hukum tarik-menarik (physics of attraction) yang membantu pasangan tetap awet dan makin mempererat hubungan.


9. Daniela Simidchieva, IQ 200, 7 gelar



Dengan tingkat kecerdasan (IQ) mencapai 200, Daniela Simidchieva masuk daftar orang-orang paling cerdas di dunia. Ia juga amat berpendidikan.

Daniela punya 5 gelar master, 2 gelar sarjana di beragam studi dari Bahasa Inggris, ekonomi, dan teknik listrik.

Hebatnya, ia meraih semua gelarnya sembari sibuk membesarkan 3 anaknya.

Pada 2011, ia bekerja di Progressive Business Solutions, sebagai ahli untuk program dan proyek internasional. Ironisnya, meski jenius dan punya banyak gelar, ia sempat menghadapi kesulitan untuk mencari kerja.


10. Michael Griffin



Gelarnya memang tak sampai melebihi angka 10, "hanya"  7.  Namun, Michael Griffin adalah sosok terkemuka di bidang penjelajahan luar angkasa.

Fisikawan sekaligus ahli penerbangan luar angkasa itu menjabat sebagai Administrator NASA -- jabatan tertinggi di Badan Antariksa Amerika Serikat hingga tahun 2009.

Seluruh gelar yang ia miliki, tanpa keraguan, amat membantu pekerjaannya selama ini. Ia meraih gelar BA dalam bidang fisika, MS dan PhD dalam teknik penerbangan luar angkasa, MS dalam teknik listrik, MS dalam fisika, dan MS dalam teknik sipil.

Pada 2007, Majalah Time menempatkan namanya dalam daftar 100 "Orang Paling Berpengaruh". Dengan pendidikan dan keahliannya, tak ada yang meragukannya. (Ein/Yus)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini