Sukses

Kasus Kriminal Morsi Diusut, Mulai Pembunuhan Sampai Soal Ekonomi

Ikhwanul Muslimin menolak tudingan tersebut. Mereka menyatakan tuduhan tersebut tidak jelas.

Kejaksaan Mesir mulai menyelidiki sejumlah kasus kriminal yang diduga melibatkan presiden terguling Mohammed Morsi. Kasus-kasus itu antara lain pembunuhan terhadap demonstran, mata-mata, hingga kegagalan ekonomi.

Laman CNN, Sabtu 913/7/2013) memberitakan, pihak Kejaksaan Mesir memutuskan membuka penyelidikan ini setelah mendapat sejumlah laporan kasus kriminal yang diduga dilakukan Morsi dan sejumlah pentolan Partai Kebebasan dan Keadilan--sayap Ikhwanul Muslimin, pendukung Morsi.

Sementara, laman Reuters memberitakan, pemimpin Ikhwanul Muslimin Mohamed Badie juga menjadi salah satu orang yang dilaporkan terkait tuduhan kriminal ini. Selain itu, ada 8 tokoh lain yang juga akan diselidiki keterlibatannya.

Juru Bicara Ikhwanul Muslimin Gehad El-Haddad menolak tudingan yang diarahkan ke Morsi dan sejumlah tokoh kelompoknya tersebut. Dia mengatakan tudingan itu tidak jelas.

"Mereka yang melakukan kejahatan itu dan menampar wajah lawannya. Selama Anda memiliki polisi dan pengadilan, bukti akan muncul dan hakim akan puas. Dan media akan menjual berita ini ke publik," kata El-Haddad seperti dikutip Reuters.

Morsi digulingkan dari tampuk kekuasaannya sebagai Presiden Mesir oleh militer, setelah terjadi demonstrasi besar-besaran menentangnya. Saat ini, Morsi tengah ditahan, namun tak jelas di mana tempatnya. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.