Sukses

Menggigit Saat Disusui, Bayi Ditusuk Gunting 90 Kali oleh Ibunya

Si kecil Xiao Bao membutuhkan lebih dari 100 jahitan setelah ditusuk gunting oleh ibunya sendiri. Untung nyawanya selamat.

Wajah lucu berpipi montok Xiao Bao penuh luka dan jahitan. Bayi 8 bulan asal China itu beruntung selamat setelah ditusuk gunting 90 kali oleh ibunya sendiri, kebanyakan di bagian wajah. Gara-garanya, ia mengigit puting sang ibu saat disusui.

Seperti dimuat Daily Mail, 11 Juli 2013, si kecil Xiao Bao membutuhkan lebih dari 100 jahitan setelah insiden yang terjadi di Xuzhou, Provinsi Jiangsu China timur.

Bayi malang itu sehari-hari hidup bersama ibu dan dua pamannya yang mengais rejeki dari memulung sampah. Hidup mereka serba kekurangan.

Suatu hari, salah satu pamannya menemukan Xiao Bao berlumuran darah di halaman rumah mereka. Bergegas, ia melarikan keponakannya itu ke rumah sakit.

Awalnya, penyebab luka-lukanya tak diketahui, hingga pengakuan meluncur dari bibir sang ibu. Ia mengaku menusuk bayinya karena menggigitnya saat disusui.

Meski mengaku salah menyiksa anaknya, perempuan itu sejauh ini belum diperkarakan.

Setelah mengetahui duduk perkaranya, para tetangga memohon pemerintah setempat untuk mengambil dan merawat Xiao Bao yang malang. Namun, permintaan itu ditepis.

Apalagi, menurut versi aparat pemerintah, tak ada konfirmasi bahwa ibunya menderita gangguan mental. Xiao Bao juga masih punya dua pamannya yang menjaganya.

Belum jelas apa yang menyebabkan ibu Xiao Bao tega menusuk anaknya sendiri: apakah karena tekanan hidup, sindrom baby blues, atau masalah kejiwaan.

Untuk dugaan penyebab ketiga, penyakit mental masih dianggap tabu di China. Tak banyak penderitanya yang mendapatkan pengobatan atau perawatan psikiatris.

Data analisis masalah kesehatan mental di empat provinsi China, yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam jurnal medis Inggris The Lancet, diperkirakan 91 persen dari 173 juta warga China yang sudah dewasa diyakini menderita masalah mental tidak pernah menerima bantuan profesional. (Ein/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Unik