Sukses

Ditabrak Kapal Saat Snorkeling, WN Inggris Tewas di Malaysia

Madeline Jayne tertabrak kapal dan terkena baling-balingnya yang tajam di Kepulauan Perhentian, Malaysia.

Berniat bersenang-senang menghabiskan hari libur, seorang perempuan muda asal Inggris justru menemui ajal. Ia tewas akibat luka parah akibat tersambar baling-baling perahu.

Saat itu, Madeline Jayne (25) asal Hereford, sedang snorkeling dengan seorang temannya yang asal Australia.

Tak disangka, ia tertabrak kapal dan terkena baling-balingnya yang tajam di Kepulauan Perhentian, Laut China Selatan, Malaysia.

Polisi mengatakan, ia terluka parah di tubuh, lengan, dan perut. Korban tewas sebelum tiba di rumah sakit.

Rekannya, Simon Rogers (22) dari Australia juga terluka akibat insiden itu. Namun tak sampai membahayakan jiwanya.

Madeline dan Simon adalah bagian dari kelompok wisatawan yang menikmati sesi menyelam pagi hari, di perairan sebening kristal yang mengelilingi pulau.

Meski dua korban terbukti tewas akibat kecelakaan, kepolisian di Kuala Lumpur mengatakan, penyelidikan terus dilakukan. Salah satunya untuk menjawab pertanyaan, mengapa kelompok tersebut menyelam di area tersebut.

"Temuan awal kami menyebut, insiden tersebut terjadi di area terlarang untuk para perenang," kata Inspektur Polisi Jamshah Mustafa seperti dimuat Daily Mail, Selasa (28/5/2013).

Sementara kepala kepolisian setempat, Inspektur Kamaruddin Mohammed Zakaria mengatakan, insiden terjadi saat pemilik kapal, Mohammed Azwan Mohamad (23) lewat di perairan tersebut, membawa turis ke pulau yang populer dengan wisatawan itu.

"Dua korban dan dua rekannya yang  lain menyelam di luar zona aman. Mereka juga tak pakai jaket pelindung," kata dia. "Tak sengaja mereka ditabrak oleh Mohammed Azwan."

Madeline tiba di Malaysia pada 4 April lalu, dan tinggal di  Senja Bay Resort, sementara Simon Rogers menginap di  Shari-La Resort.

Kepulauan Perhentian berada di dekat perbatasan Thailand. Ada dua pulau utama di sana,  Penhentian Besar dan Perhentian Kecil.

Insiden seperti ini bukan kali pertamanya terjadi.  Pada Juli 2004, Joanna Stillwell (23) yang sedang liburan bersama keluarganya, tewas akibat tertabrak kapal saat sedang berenang bersama adiknya,  Nicholas. Insiden itu terjadi di dekat Pulau Redang, lepas pantai timur Malaysia. (Ein/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.