Sukses

Hebat! Kakek 80 Tahun Asal Jepang Taklukkan Puncak Everest

Yuichiro Miura mencapai puncak Everest Kamis pagi, bersama putranya yang seorang dokter, Gota.

Meski usia sudah sepuh, tubuh dan semangat Yuichiro Miura sama sekali tak renta. Kakek asal Jepang berusia 80 tahun itu menjadi pria tertua yang berhasil menaklukkan puncak Everest.

Yuichiro Miura mencapai puncak Everest pada Kamis pagi bersama putranya yang seorang dokter, Gota. Demikian diungkapkan pejabat setempat, Gyanendra Shrestha dari kaki Everest.

Prestasi Miura mengungguli pencapaian pria asal Nepal yang memanjat Everest pada usia 76 tahun tahun 2008.

Sementara, perempuan tertua yang menaklukkan puncak tertinggi di dunia itu juga asal Jepang. Ia berusia 73 tahun saat berada di titik tertinggi.

Kembali ke kakek Miura, bukan perkara mudah mewujudkan mimpinya menaklukkan Everest. Sebuah kecelakaan dua tahun lalu mematahkan tulang pinggulnya. Januari lalu ia juga menjalani operasi jantung.

"Aku masih sehat dan kuat. Aku sangat beruntung punya kesempatan untuk mencapai puncak Everest," kata dia, seperti dimuat CNN, Kamis (23/5/2013).

Sebagai langkah persiapan, ia berjalan kaki tiga kali dalam seminggu, membawa beban 25-30 kilogram di punggungnya.

Sebelumnya, ia pernah dua kali mencapai puncak Everest, di ketinggian 8.848 meter, tahun 2003 saat berusia 70 tahun dan pada 2008 kala usianya 75 tahun.

"Sudah lama aku bermimpi mendaki Everest pada usia seperti ini," kata dia. "Jika kau punya mimpi, jangan pernah menyerah. Mimpi bisa menjadi nyata."

Tahun ini menandai ulang tahun ke-60 ekspedisi pertama yang mencapai puncak Everest. Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay berhasil mencapai puncak gunung itu pada 29 Mei 1953.

Dan, awal bulan ini, sejarah baru tercipta. Seorang desainer grafis berusia 27 tahun menjadi wanita Saudi pertama yang berhasil menaklukkan Everest. (Ein/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini