Sukses

Jepang Kembali Menggelar Balap Mobil Bertenaga Matahari

Lomba balap mobil alternatif bertenaga surya kembali digelar di Tokyo, Jepang. Mobil Sky Ace 3 rancangan Universitas Ashiya keluar sebagai pemenang.

Liputan6.com, Tokyo: Grand Prix Fia Alternative Anergies Cup untuk ke-12 kalinya digelar di Tokyo, Jepang, Selasa (28/7). Ajang lomba balap mobil bertenaga surya paling bergengsi di Negeri Matahari Terbit ini diikuti hampir seratus peserta.

Lomba balap mobil bertenaga energi alternatif ini sudah dimulai sejak Sabtu silam. Panitia dan peserta lomba sebelumnya sempat khawatir karena beberapa jam menjelang lomba, sinar matahari terhalang awan. Namun beberapa saat menjelang lomba, sinar matahari kembali bersinar terang.

Lintasan balap mobil sepanjang 5,81 kilometer dapat dilalui dengan sempurna oleh mobil-mobil masa depan itu. Tidak seperti mobil berbahan bakar konvensional, mobil tenaga surya melaju nyaris tanpa mengeluarkan suara.

Di akhir lomba, panitia memutuskan Sky Ace 3 sebagai pemenang. Mobil rancangan Universitas Ashiya ini mampu melewati lintasan sebanyak 98 putaran. Kecepatan rata-ratanya 71 kilometer per jam atau delapan jam lebih sepuluh menit.(YYT/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini