Sukses

Legenda Musik Soul Barry White Wafat

Penyanyi soul legendaris Barry White meninggal dunia di usia 58 tahun karena penyakit gagal ginjal. White pernah menjadi bintang tamu serial televisi Ally McBeal dan serial kartun The Simpsons.

Liputan6.com, Los Angeles: Penyanyi soul Barry White tutup usia di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Jumat (4/7). Penembang yang dijuluki The Maestro of Love karena penghayatannya terhadap lagu-lagunya yang bertemakan cinta ini meninggal dunia pada usia 58 tahun. Dia menderita gagal ginjal dan darah tinggi, penyakit yang telah diidapnya selama beberapa tahun terakhir. Barry meninggalkan delapan anak, sejumlah cucu, dan teman hidupnya, Chaterine Denton.

Ned Shankman, manajer Barry mengatakan bahwa seharusnya penyanyi yang ngetop pada 1970-an itu menjalani transplantasi ginjal pada Mei silam. Namun, operasi tersebut urung dilaksanakan karena kelahiran Galveston, Texas, 12 September 1944 ini mendapat serangan stroke tiba-tiba.

Selama berkarier di dunia tarik suara, penyanyi dengan raungan suara serak-serak basah nan seksi ini telah menghasilkan 34 album dan sejumlah singel. Beberapa hits-nya yang sukses di 1970-an adalah Can`t Get Enough of Your Love, Babe and You`re The First, The Last, dan My Everything. Kendati berbagai jenis musik lain, seperti disko, house music, dan rock `n roll tengah menjadi fenomena, Barry tetap berjaya. Ia tetap populer dengan para penggemar setianya yang datang dari tingkatan usia.

Penyanyi bersuara bariton yang pernah menjadi pemain organ di sebuah gereja pada usia 10 tahun ini juga mempunyai prestasi yang membanggakan dalam berkarier. Penyanyi Afrika-Amerika ini pernah mendapatkan dua piala Grammy dalam kategori rythm-and-blues untuk albumnya yang berjudul Staying Power pada 1999.

Tak hanya itu, pemilik nama lengkap Barry Lee ini juga mempunyai pengalaman di dunia akting. Penyanyi yang pernah mendekam di bui karena mencuri ban di usia 16 tahun itu pernah menjadi bintang tamu dan berperan sebagai dirinya sendiri dalam sejumlah tayangan berseri di layar kaca, seperti pada serial Ally McBeal dan serial kartun The Simpsons.(LIA/Kinanti Pinta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.