Sukses

Selamat! Willem-Alexander Resmi Jadi Raja Belanda

Willem-Alexander kini menjadi Raja Belanda pertama dalam kurun 123 tahun terakhir, setelah selama waktu itu Belanda diperintah para ratu.

Willem-Alexander resmi menjadi Raja Belanda. Ia kini menjadi Raja Belanda pertama dalam kurun 123 tahun terakhir, setelah selama waktu itu Belanda diperintah para ratu.

Seperti dilansir Guardian.co.uk, Selasa (30/4/2013), Ratu Beatrix secara resmi menyerahkan mahkota kekuasaannya kepada putra tertuanya Willem-Alexander, pada Selasa pagi, pukul 10.00 waktu setempat.

Ribuan warga berkumpul di Dam Square Amsterdam sejak Selasa pagi waktu setempat. Mereka menanti untuk menyaksikan Pangeran Willem (46) bersama istri, Putri Maxima (41), keluar menampilkan diri di balkon Istana Kepresidenan, demikian Reuters.

Rakyat Belanda tengah berbahagia menanti pemimpin baru. Untuk menyambut raja baru, warga Kota Amsterdam pun mempercantik rumah dengan hiasan serba warna oranye. Juga toko dan rumah makan yang bakal memeriahkan pelantikan dengan pernak-pernik serba oranye.

"Setiap orang harus mengenakan warga oranye. Kaos dan sweater harus oranye," kata Elise dari perusahaan Janssens & Janssens, seperti dimuat Euronews. (Riz)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini