Sukses

Perahu Tersapu Tsunami Jepang 2011 Ditemukan di California

Puing-puing barang yang dihantam serangan air tinggi itu masih tersisa.

Bencana alam tsunami di Jepang pada Maret 2011 lalu masih menyisakan duka mendalam bagi para korban. Puing-puing barang yang dihantam serangan air tinggi itu masih tersisa.

Hal tersebut terbukti dari ditemukannya perahu untuk memancing di California. Perahu sepanjang 6 meter itu menyasar ke Kota Pesisir Crescent City, California, Amerika Serikat. Perahu tersebut kemudian teridentifikasi milik sekolah Takata High School di Kota Rikuzentakata, Prefektur Iwate.

"Perahu penuh dengan karang gooseneck pelagis. Konsulat Jepang membantu kami mengidentifikasi perahu ini. Juga para ahli di Humboldt State University California juga membantu identifikasi," ujar juru bicara US National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Keeley Belva, seperti dimuat News.com.au, Sabtu (27/4/2013).

Perahu ini merupakan barang ke-27 yang terdampar di AS akibat tsunami. Barang lainnya ditemukan di pesisir pada Negara Bagian Alaska, Washington, dan Oregon.

Benda terbesar yang pernah ditemukan sejauh ini adalah dermaga apung berukuran 20 meter yang ditemukan di Oregon, Juni 2012 lalu. Dermaga itu diketahui terombang-ambing ombak dari Prefektur Aomori, Jepang. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini