Sukses

Misterius! Siapa Pria Telanjang Yang Digelandang Polisi Boston?

Teori konspirasi liar menyebut pria telanjang itu adalah Tamerlan Tsarnaev. Polisi membantahnya.

Meski dua tersangka pelakunya telah diketahui: Tamerlan dan Dzhokhar Tsarnaev, insiden Bom Boston masih menyisakan banyak misteri. Salah satunya soal pria telanjang, tanpa busana, yang digelandang polisi di depan kamera para pewarta?

Seperti dimuat News.com.au, Selasa (23/4/2013), setelah  penembakan polisi di MIT, dan kejar-kejaran pelaku Bom Boston hingga Watertown, polisi Boston menahan dan menginterogasi seorang pria. Tak hanya itu, aparat memerintahkannya untuk melepas semua pakaian. CNN bahkan menayangkan rekaman pria tersebut, tanpa selembar benang pun, dikawal masuk sebuah mobil polisi.

Menurut keterangan para saksi mata, termasuk wartawan yang sedang meliput, ia ditangkap di dekat Nichols and Dexter, dekat lokasi baku tembak dengan Tsarnaev bersaudara di Laurel Street.

Siapa pria tersebut sampai saat ini masih misterius. Pihak kepolisian Watertown juga belum mengklarifikasi soal dia -- melecut teori konspirasi soal identitasnya.

Sejumlah teori konspirasi yang beredar di jagad maya menyebut, dunia sedang ditipu oleh penegak hukum Boston dan bahwa pria telanjang adalah biang keladi teror di Boston Marathon, Tamerlan Tsarnaev.

Padahal, penjelasan resmi dari polisi menyebut, Tamerlan tewas ditembak oleh polisi. Dokter yang memeriksa jenazahnya mengatakan, pria asal Rusia itu menderita banyak luka tembak, dan diduga terlindas mobil yang dikemudikan adiknya. Dia menderita gangguan jantung saat tiba di rumah sakit dan meninggal sesaat kemudian.

Sementara, seorang pria yang terjebak dalam kasus itu, yang mobil SUV-nya dibajak Tsarnaev bersaudara, belum tampil di depan publik untuk menyampaikan kesaksiannya.

Namun, aparat membantah teori konspirasi tersebut. Kepada New York Times, pihak kepolisian mengatakan pria telanjang tersebut telah dibebaskan, tanpa luka sedikitpun, di sebuah pom bensin. Aparat juga membantah bahwa pria tersebut adalah Tamerlan Tsarnaev.

Meski demikian misteri tentang pria tersebut terus berlanjut. Termasuk menjadi obyek daya tarik yang sama sekali tak terkait kasus teror Boston. Salah satunya karena tubuhnya yang berotot, six pack. Penulis, Michael Patrick di Twitternya menyebut pria itu, "inspirasi kita semua untuk kembali ke gym," kata dia, menambahkan situasi yang sama bisa menimpa siapapun. (Ein)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini