Sukses

Malaysia Gerilya Bersihkan Loyalis Sulu di Sabah Secepatnya

Langkah tersebut diambil pasca-kontak senjata antara militer Malaysia dan pasukan loyalis Kesultanan Sulu Filipina kembali pecah di wilayah Kampung Tanjung Batu, Lahad Datu, Sabah pada Minggu 17 Maret.

Polisi Malaysia menyatakan akan melakukan gerilya untuk membersihkan seluruh loyalis Kesultanan Sulu Filipina di Sabah. Langkah tersebut diambil pasca-kontak senjata antara militer Malaysia dan pasukan loyalis Kesultanan Sulu Filipina kembali pecah di wilayah Kampung Tanjung Batu, Lahad Datu, Sabah pada Minggu 17 Maret.

"Anak buah saya akan melakukan kontak dengan musuh, dan melakukan pengejaran mereka di area tersebut," kata Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Ismail Omar, seperti dikutip situs berita The Star, Senin (18/3/2013).

Selain itu, Tan Sri Ismail Omar juga mengungkapkan operasi penangkapan pasukan Sulu yang tersisa itu harus dilakukan secepatnya.

"Operasi untuk membersihkan Kampung Tanjung Batu dari sisa-sisa pasukan bersenjata Sulu harus diselesaikan dengan segera," tegasnya.

Dalam baku tembak yang terjadi akhir pekan kemarin, 1 pasukan Sulu tewas tertembak militer Malaysia. Sementara tak satu pun anggota militer Malaysia yang cedera dalam operasi itu.

Setidaknya 54 loyalis Sulu dan 9 polisi Malaysia tewas dalam pertempuran di wilayah yang terletak di Kalimantan Utara itu. Jumlah tersebut kemungkinan besar akan bertambah, melihat masih memanasnya konflik antara Malasia-Filipina soal perebutan Sabah itu. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.