Sukses

Malaysia Kehilangan Jejak Raja Muda Sulu, Berhasil Lari?

Belum diketahui di mana pastinya Raja Muda Sulum Agbimuddin Kiram berada. Muncul dugaan ia lari dari Sabah.

Meski aparat Malaysia terus menyisir area Sabah, menemukan kuburan massal, termasuk jasad seorang jenderal Sulu, Haji Musa. Namun, belum diketahui di mana pastinya Raja Muda Sulu, Agbimuddin Kiram berada.

Muncul dugaan, pemimpin pasukan Sulu yang sempat menduduki Kampung Tanduo di Lahad Datu, Sabah telah melarikan diri dari wilayah Malaysia. Namun, Kepolisian Malaysia menegaskan,  tak tertutup kemungkinan ia masih ada di Sabah. Bersembunyi.

"Kami akan meneruskan operasi dan akan menangkapnya jika ia masih ada di sini," kata Kepala Kepolisian Sabah, Hamza Taib, seperti dimuat situs Malaysia, The Star, Sabtu 16 Maret 2013.

Sebelumnya muncul dugaan Sang Raja Muda sudah melarikan diri ke sebuah pulau di Tawi-Tawi, wilayah teritorial Filipina. Hal itu diungkap Kepala Angkatan Bersenjata Malaysia, Zulkifeli Mohd Zin. Ia mengatakan, Agbimuddin telah menelantarkan pasukannya dan lari ke Filipina Selatan.

"Agbimuddin  telah meninggalkan orang-orangnya dan melarikan diri ke tanah airnya," kata Jenderal Zulkifeli.

Jika benar, Pemerintah Malaysia akan mengupayakan adik Sultan Sulu Jamalul Kiram III itu diekstradisi ke negeri jiran, untuk menghadapi upaya hukum.

Agbimuddin memimpin 235 orang pasukan Sulu, di antaranya dilengkapi senjata. Setidaknya 10 personel pasukan keamanan dan lebih dari 50 pria bersenjata tewas selama konflik yang makan waktu sebulan itu.

Angkatan Laut Filipina sebelumnya telah menahan 35 pasukan bersenjata di perairan Tawi-Tawi, namun Agbimuddin tak ada di antaranya. Pihak keamanan Malaysia saat ini fokus melakukan penyisiran di area Tanjung Batu. Sebab, diperkirakan masih ada 50 pasukan bersenjata yang masih ada di sana.

Kesultanan Sulu Tertawakan Malaysia

Sementara, seperti dimuat Philippine Daily Inquirer, seorang sumber di Manila membantah bahwa Agbimuddin berada di Filipina.

"Malaysia harus punya dasar untuk mengatakan bahwa Raja Muda telah meninggalkan Sabah. Tapi kami tidak memiliki informasi yang memvalidasi kehadirannya di sini. Dia masih ada di Sabah," kata sumber itu.

Pihak keluarga Kiram di Filipina juga membantah dugaan itu. Abraham Idjirani, juru bicara Sultan Sulu Jamalul Kiram III, hanya menertawakan  pengumuman Malaysia yang mengatakan Agbimuddin telah meninggalkan Sabah.

"Itu propaganda Malaysia. Mereka mengatakan hal itu agar tidak mengganggu pemilu mereka. Saya tidak perlu menjelaskan apa-apa. Ini adalah kontra-strategi, "kata Idjirani. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini