Sukses

Malaysia Incar 'Raja Muda' Panglima Pasukan Sulu di Sabah

Hingga kini nasib pemimpin kelompok bersenjata Sulu, Raja Muda Agbimuddin Kiram.

Sejumlah jasad pasukan loyalis Sultan Sulu ditemukan militer Malaysia dalam operasi penyisiran, menyusul serangan besar-besaran pasukan negeri jiran di Lahad Datu, Sabah Selasa (5/3/2013) -- termasuk kuburan massal berisi 9 mayat. Namun, hingga kini nasib panglima loyalis, Raja Muda Agbimuddin Kiram, belum diketahui.

Seperti diberitakan The Star, Jumat (8/3/2013), belum ditemukan tanda-tanda keberadaan orang incaran pasukan Malaysia. Meski penyisiran telah dilakukan pasukan elit gabungan militer dan polisi Malaysia di Kampung Tanduo dan Kampung Tanjung Batu pada Jumat pagi ini.

Raja Muda Agbimuddin Kiram -- atau dalam versi media Malaysia ditulis Azzimudie Kiram -- adalah saudara orang yang memproklamirkan diri sebagai Sultan Sulu Jamalul Kiram III. Diketahui panglima loyalis tidak memberi kabar ke keluarganya di Manila selama 2 hari terakhir.

Pasukan keamanan diperkirakan bisa mengetahui keberadaannya dalam satu atau dua hari ini.

Sebelumnya, seorang anggota kelompok loyalis Sulu yang diidentifikasi sebagai Haji Musa tercatat menjadi salah satu di antara 30 orang yang tewas dalam baku tembak di Kampung Tanjung Batum pada Rabu (6/3).

Sang raja muda dan komandannya diyakini berada di antara orang-orang yang menyelinap keluar dari Kampung Tanduo pada penyergapan hari Minggu 3 Maret, 2 hari sebelum bombardir dilakukan melalui udara dan darat.(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.