Sukses

Relawan Mulai Membanjiri Irak

Sekitar 3.000 warga Irak di Yordania mulai bergerak memasuki Baghdad untuk membantu pasukan Saddam Hussein. Sebagian besar dari mereka bertekad lebih baik mati ketimbang harus dijajah oleh Amerika Serikat.

Liputan6.com, Suriah: Ratusan sukarelawan asal Suriah memasuki Kota Mosul di Irak utara, Ahad (30/3). Kedatangan mereka untuk membantu milisi Negeri 1001 malam dalam menghadapi gempuran pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat. Selain relawan asal Suriah, rakyat Irak yang tinggal di Yordania juga dikabarkan kembali ke kampung halaman buat memperkuat barisan pasukan Saddam Hussein.

Reporter SCTV Merdi Sofansyah dan juru kamera Efendi Kassa melaporkan, konvoi warga Irak yang ingin kembali dari Yordania sudah terlihat sejak dua hari silam. Jumlah mereka diperkirakan mencapai 3.000 orang. Sukarelawan ini menumpang puluhan bus dan akan menempuh 13 jam perjalanan darat sebelum tiba di Baghdad. Sebagian besar dari mereka bertekad lebih baik mati ketimbang harus dijajah oleh Amerika Serikat.

Tekad warga Irak buat berperang memang patut diacungi jempol. Bahkan, mereka bangga bila mati dalam perang. Jadi, bisa dimaklumi bila sekitar 150 tenda penampungan yang dibangun Perserikatan Bangsa-Bangsa di perbatasan Irak-Yordania melompong. Tak seorang pun warga Irak bersedia tinggal kamp pengungsian. Padahal, perang sudah memasuki hari ke-11 [baca: Seruan Jihad Memanggil Pulang Ribuan Pengungsi Irak].(ICH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini