Sukses

VIDEO: Serunya Belajar Matematika Lewat Musik Rap

Pernah membayangkan belajar matematika dalam musik rap?

Belajar matematika (mtk) ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Di Amerika Serikat, ada guru matematika yang mengajarkan pelajaran ini dengan mencampurnya dalam musik rap. Alhasil, para siswa lebih mudah menyerap berbagai materi pelajaran hitung-menghitung ini.

Seperti yang terjadi di Montgomery Blair High School, Silver Springs, Maryland, Amerika Serikat. Ada guru cerdas bernama Jake Scott yang membuat inovasi mengajar matematika lewat musik rap. Guru berdarah campuran Amerika-Afrika ini telah membuat 9 video tutorial matematika-rap sejak 3 tahun lalu.

"Saya menggunakan musik rap karena sangat mudah diterima oleh para siswa. Karena musik gampang diingat daripada meminta siswa untuk mengingat rumus matematika," kata Jake.

Dituturkan dia, inovasinya itu terlahir dari rasa peduli kepada murid-muridnya yang kesulitan belajar matematika.

"Saat mereka kesini. Mereka punya banyak kesulitan (untuk menyerap pelajaran matematika). Jadi banyak siswa yang kesulitan dan akhirnya putus sekolah. Saya memutuskan untuk fokus ke para siswa dari luar ini karena mereka umumnya punya kemampuan," tutur Jake.

Ide kreatif Jake ini tidak sia-sia. Semua murid yang diajari dengan metode ini merasa terbantu. "Saya langsung ingat seluruh pelajaran matematika ini di kepala saya. Saat dia membuat video dan saya melihat, saya langsung ingat semuanya," kata murid Jake, Lea Sanon.

Penasaran lihat metode belajar matematika dicampur musik rap. Simak saja videonya. (Riz)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini