Sukses

VIDEO: Begini Cara Cuci Tangan di Luar Angkasa

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana cara mencuci tangan di luar angkasa?

Kehidupan di luar angkasa dengan di bumi tentu berbeda. Ketika manusia bisa dengan mudah memijakkan kakinya di bumi, maka tidak demikian dengan di luar angkasa. Seluruh benda di luar angkasa dan makhluk hidup, termasuk manusia, bakal melayang, karena gravitasi yang kecil.

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana menjalani kehidupan di luar angkasa, seperti makan, minum, mandi, ataupun mencuci tangan? Kali ini, seorang astronot Chris Hadfield dari Badan Antariksa Kanada mempresentasikan bagaimana cara mencuci tangan di area luar bumi tersebut.

Chris mulai menjelaskan langkahnya satu per satu sambil memperlihatkan cairan cuci tangan bertuliskan No Rinse Body Bath Pouch Assy. Selanjutnya, pria berkumis ini memeragakan cara mencuci tangan menggunakan cairan tersebut.

Yang unik, mikrofon yang awalnya dipegang Chris tiba-tiba melayang. Begitu juga dengan cairan yang dipakai untuk cuci tangan. Air sempat melayang dan menempel ke tangannya.

Setelah itu, Chris membilas tangannya dengan cairan itu dan mengelapnya menggunakan handuk khusus luar angkasa. Handuk kemudian digantung hingga mengering sendiri setelah air yang menempel menguap ke udara.

"Proses mencuci tangan ini hampir sama dengan mencuci tangan di perahu layar di tengah gelombang," ungkap Chris, seperti dilansir Dailymail, Senin (4/2/2013).

Penasaran ingin lihat cara mencuci tangan di luar angkasa? Simak saja videonya! (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini