Sukses

AS Mengirim Lagi Pasukan ke Teluk Persia

Pemerintah AS kembali mengirim 37.000 tentaranya yang berasal dari negara bagian Nebraska dan North Carolina. Dua kapal pengangkut pesawat tempur juga diberangkatkan.

Liputan6.com, Willington: Puluhan ribu tentara dan ratusan ton armada perang Amerika Serikat yang saat ini telah berada di kawasan Teluk Persia tak membuat Amerika Serikat percaya diri. Buktinya, Selasa (21/1) malam, pemerintah AS kembali mengirim 37.000 tentaranya yang berasal dari negara bagian Nebraska dan North Carolina ke kawasan Teluk. Mereka dilepas keluarga serta kerabat dari Wilmington, North Carolina dan di North Platte, Nebraska.

Pengiriman 37.000 tentara ini adalah bagian dari pelaksanaan instruksi Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld, awal bulan silam, yang memerintahkan pengiriman 62 ribu tentara dan Marinir ke kawasan teluk. Selain para tentara, dua kapal pengangkut pesawat tempur USS Abraham Lincoln dan USS Theodore Roosevelt juga turut diberangkatkan. USS Abraham Lincoln dan USS Theodore Roosevelt masing-masing membawa 75 unit pesawat tempur dan sejumlah peluru kendali. Dua kapal itu akan bergabung dengan dua kapal pengangkut pesawat tempur lainnya: USS Constellation dan USS Harry Truman, yang telah berada di perairan Mediterania.

Selain keempat kapal tersebut, pihak Angkatan Laut AS juga sedang menyiapkan dua kapal pengangkut pesawat tempur lainnya. Dengan begitu, diperkirakan total kapal pengangkut pesawat tempur milik AS di kawasan teluk akan berjumlah enam unit. Namun, semakin intensifnya persiapan AS tak menggoyahkan sikap Prancis yang tetap bersikukuh menolak mendukung serangan ke Irak [baca: Rencana Menyerang Irak Ditentang Warga Paris].(DEN/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini