Sukses

Pesawat Antonov Jatuh di Iran, 46 Tewas

Sebanyak 42 penumpang dan empat awak pesawat Antonov-140 tewas setelah pesawat mereka menghujam tanah di Isfahan, Iran. Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat milik Ukraina itu.

Liputan6.com, Isfahan: Sebuah pesawat Antonov-140 milik Ukraina jatuh di Provinsi Isfahan, Iran, Senin (23/12), sekitar pukul 19.30 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB. Pesawat yang mengangkut 42 penumpang serta empat awak itu terjatuh ketika hendak mendarat di sebuah bandar udara di Isfahan, wilayah tengah Iran. Seluruh penumpang yang sebagian besar pakar penerbangan Ukraina, termasuk awak pesawat, dilaporkan tewas.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, belum lama berselang, Menteri Transportasi Ukraina membenarkan bahwa pesawat Antonov-140 terjatuh. Dia mengungkapkan, pesawat nahas itu bertolak dari Kota Trabzon, Turki, di kawasan Laut Hitam, menuju Isfahan. Sedangkan Menteri Transportasi Iran Ahmad Khorram menyatakan dukacita atas musibah yang menimpa pesawat dengan nomor penerbangan AHW-2137 itu.

Hingga saat ini, sebab-musabab kecelakaan pesawat belum dapat diketahui. Soalnya, sepanjang penerbangan, menara kontrol tak menerima keluhan apa pun dari awak pesawat. Namun, kontak radio dengan pilot maupun kopilot terputus beberapa saat sebelum pesawat menghujam bumi.

Juru bicara perusahaan yang mengoperasikan Antonov-140 mengatakan, pesawat tersebut diterbangkan oleh awak berpengalaman yang tak diragukan lagi kemampuannya. Sekadar diketahui, Iran memang tengah mengembangkan pesawat sejenis Antonov-140 dengan nama Iran-140, di bawah lisensi Ukraina di Isfahan. Pesawat dengan 52 tempat duduk itu menjalani uji coba terbang pertama pada Februari 2001.(ANS/Pinta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.