Sukses

Pesawat Fokker Jatuh di Filipina, Puluhan Tewas

Puluhan penumpang dan awak pesawat Fokker diperkirakan tewas setelah kapal terbang itu jatuh di Teluk Manila, Filipina. Mesin pesawat mengalami gangguan sesaat setelah lepas landas.

Liputan6.com, Lawag: Sebuah pesawat Fokker yang membawa 29 penumpang dan lima awak jatuh di Teluk Manila, Filipina, Senin (11/11) pagi. Peristiwa itu terjadi hanya beberapa saat setelah kapal lepas landas atau berjarak satu kilometer dari bandara di Kota Lawag, Filipina Selatan. Siaran radio setempat menyebutkan, para penumpang terdiri dari warga negara Taiwan, Cina, Korea Selatan, dan sedikitnya enam orang warga Australia.

Dari seluruh penumpang dan awak, hanya tiga orang yang berhasil ditemukan dalam keadaan hidup. Sedangkan sisanya diperkirakan tewas. Kepala Transportasi Udara Filipina Adelberto Yap mengatakan, pesawat nahas itu mengalami gangguan mesin tak lama setelah lepas landas. Upaya pilot untuk membawa pesawat kembali ke bandara gagal.

Musibah ini adalah kecelakaan kedua yang menimpa pesawat Fokker dalam kurun sepekan terakhir. Pada 6 November silam, 22 orang penumpang dan awak tewas di Luksemburg dalam pesawat Fokker bermesin ganda. Persis seperti peristiwa di Filipina, pesawat Fokker itu jatuh di sebuah tanah lapang beberapa saat setelah tinggal landas.(ZAQ/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini