Sukses

Terkait Senkaku, Ribuan Warga Cina Demo di AS

Liputan6.com, New York: Sekitar 2.000 warga Cina di Amerika Serikat berdemonstrasi di Kantor Konsulat Jepang di New York, Ahad (16/9) pagi waktu setempat. Mereka memprotes rencana Jepang yang ingin mengambil alih tiga pulau di Kepulauan Senkaku, Laut Cina Selatan.

Sambil memegang bendera Cina, mereka meneriakkan, pulau-pulau yang tengah menjadi sengketa itu adalah milik Cina. Beberapa orang berdemo lebih ekstrem dengan memampangkan spanduk bertuliskan "tindakan Jepang itu sama dengan tindakan Cina untuk membeli Manhattan". 

Jumlah massa terus bertambah hingga siang hari.  Para pejabat di kantor konsulat diminta untuk meninggalkan kantor dengan alasan keamanan.

Pulau-pulau yang diperebutkan itu terletak sekitar 400 kilometer dari Naha, kota utama Okinawa, dan 200 kilometer dari Taiwan. Jepang akan membeli sekelompok pulau itu dari para pemilik swasta. Dana 2,05 miliar yen atau sekitar 26,15 juta dollar AS telah disiapkan. Tiga pulau itu berada di dekat area kaya ikan dan diduga mengandung gas. (NHK)