Sukses

Mesir Tolak Intervensi Asing di Suriah

Konflik di Suriah yang telah berlangsung selama 17 bulan masih bisa diselesaikan dengan bantuan negara-negara Arab. Presiden Mesir Mohamed Morsi mencoba menyelesaikan masalah Suriah tanpa adanya intervensi asing.

Liputan6.com, Kairo: Konflik berkepanjangan di Suriah ternyata bisa diatasi tanpa adanya intervensi asing. Presiden Mesir Mohamed Morsi berusaha meminta bantuan kepada negara-negara Arab bertindak cepat menyelesaikan konflik Suriah. Menurut Morsi, konflik Suriah juga menjadi tanggung jawab bersama negara-negara Arab sebagai saudara.

"Rezim Suriah masih memiliki kesempatan untuk menghentikan kekerasan. Kita harus membantu Suriah untuk menghindari perang saudara dan mencegah intervensi militer asing," kata Morsi pada pembukaan pertemuan liga Arab di Kairo, Mesir, Rabu (5/9).

Mesir memprakarsai kelompok yang akan membantu menyelesaikan konflik Suriah. Ia menyerukan kepada negara-negara Arab dan menerima negara dari kawasan lain yang ingin berbagi tanggung jawab. Pertemuan itu diatur untuk membahas perkembangan terbaru dari krisis Suriah dan tawaran Palestina untuk keanggotaan PBB.

Saat ini, beberapa negara asing mengancam menyerang Suriah jika rezim Presiden Bashar al-Assad dinilai melangar hak asasi manusia. Salah satunya, Italia. Negara itu siap berkontribusi dalam membantu menggulingkan Assad [baca: Italia Siap Serang Suriah].(ZeeNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini