Sukses

PMI Juga Bantu Rohingya

Palang Merah Indonesia akan turut memberikan bantuan kepada ribuan muslim Rohingya. Tak hanya PMI, beberapa organisasi kemanusiaan Islam juga bakal memberikan bantuan.

Liputan6.com, Naypyidaw: Palang Merah Indonesia akan turut memberikan bantuan kepada ribuan muslim Rohingya yang terjebak dalam kekerasan di Myanmar bagian barat. Beberapa organisasi sosial bahkan dilaporkan juga akan ambil bagian dalam aksi bantuan tersebut.

Seperti diwartakan laman Irawaddy pada Kamis (16/8) dari keterangan juru bicara PMI Aulia Arriani, beberapa kelompok kemanusiaan Islam seperti Dompet Dhuafa Islam, Mer-C, Badan Zakat Nasional (Baznas) dan Unit Redaksi Cepat telah setuju untuk mengulurkan tangannya kepada kaum muslim Rohingya. Mereka telah menyatakan kesediaannya untuk turut serta mengirim pasokan makanan dan medis kepada masyarakat Rohingya.

"PMI menyediakan pilihan untuk organisasi kemanusiaan yang ingin memberikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya, agar melakukannya di bawah koordinasi PMI dan OKI (Organisasi Kerja Sama Islam)," kata Aulia.

"Upaya-upaya bantuan harus dikoordinasikan dengan pemerintah tuan rumah dan Palang Merah," tambahnya.

Pada pertemuan sebelumnya dengan PMI, kelompok-kelompok kemanusiaan tersebut juga menyampaikan janjinya untuk memberikan bantuan mulai dari perlengkapan sehari-hari hingga berupa rumah tinggal.

Sementara itu, OKI baru-baru ini juga menyampaikan bahwa mereka telah menerima izin dari pemerintah Myanmar untuk membantu muslim Rohingya mengungsi dari kekerasan yang sedang menimpa mereka.

Selain Indonesia, sejumlah media Arab Saudi juga melaporkan bahwa Raja Abdullah juga turut memberikan bantuan untuk kaum Rohingya sebesar US$ 50 juta.(TNT/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.