Sukses

Video Kekerasan Serdadu AS Bocor ke Media

Sebelum menembak korbannya, tentara AS itu sempat menyenandungkan selarik lagu American Pie, "Bye, bye Miss American Pie." Lagu itu dimaksudkan untuk melecehkan warga sipil Afghanistan yang ditembak.

Liputan6.com, Washington DC: Tindakan kejam oknum tentara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) terhadap warga sipil di Afghanistan kembali terungkap. Ini setelah video penembakan warga sipil Afghanistan oleh tentara AS bocor ke media.

Media Daily Mail mewartakan, Jumat (6/7), sebelum menembak korbannya, tentara AS itu sempat menyenandungkan selarik lagu American Pie, "Bye, bye Miss American Pie." Lagu itu dimaksudkan untuk melecehkan warga sipil Afghanistan yang ditembak.

Video itu merupakan video rekaman asli target sasaran dari pilot di helikopter 201 Airbone Division pada helikopter tempur Apache AH64. Video itu bocor ke Liveleak.com.

Bahkan, sang tentara terdengar senang saat menanyikan lagu itu. Ia bernanyi saat detik-detik menembakkan peluru dari helikopter perangnya menuju sasaran. Kemudian, tentara lain yang berada di dekatnya sempat mengatakan, "tembakan jitu".

Sebelumnya, foto-foto tentara AS yang berpose di atas tubuh seorang warga sipil juga sempat beredar luas. Bahkan, salah satu tentara AS tersenyum sambil berjongkok di samping mayat warga sipil tersebut.

Majalah ini juga membeberkan kekejaman tentara AS sehingga menewaskan dua warga sipil Afghanistan lainnya pada Februari dan Mei 2010 [baca: Der Spiegel Beberkan Foto Pembantaian Warga Afghanistan].(DES/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.